3 Bunga Nasional Indonesia

By willa widiana, Senin, 25 September 2017 | 08:45 WIB
Bunga Melati dijuluki Puspa Bangsa (willa widiana)

Indonesia merupakan negara yang ditumbuhi banyak bunga. Dari sekian banyak bunga, ada tiga bunga yang dijadikan bunga nasional oleh negara kita.

Bunga Melati (Jasminum sambac)

Melati merupakan tanaman perdu yang bisa tumbuh hingga tiga meter. Tanaman ini punya bunga kecil yang berwarna putih dan berbau harum. Pohon melati bisa berbunga sepanjang tahun. Bunga melati memang bukan tanaman asli Indonesia. Namun, rakyat Indonesia sering menggunakan bunga melati dalam upacara pernikahan dan keagamaan. Karena alasan itu, bunga ini pun dijadikan bunga nasional Indonesia dengan julukan puspa bangsa.

Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis)

Bunga yang satu ini punya daun lebar dengan tangkai panjang berwarna kehitaman. Bunganya berwarna putih dan berukuran cukup besar. Bunga ini memang tidak wangi, tetapi banyak orang yang memeliharanya karena indah dipandang. Saking indahnya, bunga ini pun tenar di seluruh Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Karena alasan itu, anggrek bulan pun dijadikan bunga nasional Indonesia dengan julukan puspa pesona.

Rafflesia arnoldii

Rafflesia arnoldii termasuk tumbuhan parasit sejati. Ia tidak punya akar, batang, dan daun. Agar bisa hidup, ia akan mengambil makanan dari tumbuhan lain. Bunga berukuran besar ini akan mengeluarkan bau busuk saat mekar. Karena mengeluarkan bau busuk, orang-orang menyebutnya bunga bangkai. Padahal, Rafflesia arnoldii berbeda dengan bunga bangkai. Meski aneh, bunga ini dijadikan salah satu bunga nasional Indonesia dengan julukan puspa langka.

Itulah 3 bunga nasional milik Indonesia. Kira-kira, bunga mana yang paling kamu suka?

Foto: Creative Commons