Pelangi, Salah Satu Pemandangan Paling Indah di Alam

By Sylvana Toemon, Rabu, 27 September 2017 | 03:10 WIB
Pelangi, salah satu pemandangan paling indah di alam (Sylvana Toemon)

Pelangi adalah salah satu pemandangan paling indah di alam. Apakah kamu pernah menyanyikan lagu tentang pelangi? Nah, pasti kamu juga tahu tentang keindahannya. Pelangi telah menjadi inspirasi bagi manusia selama ribuan tahun.

Spektrum Cahaya

Pelangi sebenarnya adalah spektrum cahaya besar yang bentuknya melengkung di langit. Spektrum adalah berkas cahaya yang oleh prisma diuraikan dari cahaya putih. Cahaya Matahari warnanya putih, yang sebenarnya adalah campuran sari semua warna. Cahaya ini dapat terpecah menjadi warna-warna lain saat melewati prisma. Pada proses terbentuknya pelangi, air hujan adalah prismanya.

Baca juga: Fakta Unik Warna Pelangi

Terlihat Saat Matahari Bersinar

Pelangi umumnya terlihat ketika hujan turun pada waktu yang sama dengan Matahari bersinar. Saat kita melihat pelangi, sinar matahari berasal dari arah belakang kita. Artinya kita berada di antara hujan dan matahari. Jika matahari terletak tepat di atas kita, pelangi akan susah terbentuk. Itu sebabnya pelangi hanya terlihat jelas saat pagi atau sore hari. Pelangi pagi hari artinya sinar Matahari ada di timur, dan hujan ada di barat. Demikian pula sebaliknya. Pelangi sore hari artinya sinar Matahari berasal dari barat, hujan ada di timur.

Baca juga: Moonbows, Pelangi Malam Hari

Mengilhami Cerita Rakyat

Pelangi mengilhami banyak cerita rakyat. Ada cerita yang menyebutkan pelangi adalah lambang keberuntungan, ada juga yang menyebutnya sebagai pertanda buruk. Di beberapa daerah ada larangan untuk menunjuk pelangi. Pelangi juga dikenal sebagai jalan turun bidadari dari kayangan. Apakah kamu pernah menedengar cerita tentang 7 bidadari? Ketujuh bidadari itu biasanya dikaitkan dengan 7 warna pelangi yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.