Apel, Buah yang Banyak Dimusuhi

By willa widiana, Selasa, 26 September 2017 | 04:15 WIB
Apel, Buah yang Banyak Dimusuhi (willa widiana)

Makan apel dingin yang baru diambil dari kulkas memang enak dan segar. Namun, tahukah kamu, kalau apel merupakan buah yang banyak dimusuhi di dalam kulkas?

Musuh Buah

Apel merupakan buah renyah yang manis, segar, dan enak tentunya. Selain enak, apel juga banyak vitamin dan bisa membantu membersihkan gigi dari bakteri. Tapi sayang, saat dimasukkan ke dalam kulkas, apel akan dimusuhi oleh buah-buah lainnya.

Membuat Busuk

Saat apel dimasukkan ke dalam kulkas, ia akan mengeluarkan gas etilen. Jumlah gas etilen yang dikeluarkan oleh apel cukup banyak, sekitar 10 – 100 kali lipat, dari yang dikeluarkan oleh pir. Gas etilen akan membuat buah lain yang ada di dalam kulkas cepat layu dan tidak enak. Karena hal itulah, apel pun dimusuhi banyak buah di dalam kulkas.

Penumbuh Tunas

Sebenarnya, gas etilen adalah gas alami yang dikeluarkan oleh buah. Gas ini bisa menumbuhkan tunas dari biji buah. Selain itu, gas etilen juga bisa membantu menggugurkan daun dan mematangkan buah. Namun, gas etilen yang dikeluarkan apel cukup banyak. Akhirnya, buah yang ada di sekitar apel pun akan cepat matang dan cepat busuk.

Dibungkus Plastik

Sebelum memasukkan buah apel ke dalam kulkas, sebaiknya kita membungkus apel tersebut dengan plastik atau kertas. Jadi, gas etilen yang dikeluarkan apel tidak akan membuat buah lain layu dan cepat busuk.

Dicintai Kesemek

Dari semua buah, ada satu buah yang mencintai apel. Ia adalah buah kesemek. Gas etilen yang dikeluarkan oleh apel bisa membuat buah kesemek matang dan manis dalam beberapa hari. Nah, hal itulah yang membuat buah kesemek cinta dengan buah apel.

Itulah alasan kenapa apel dimusuhi banyak buah.

Teks: Jessica/Willa, Ilustrasi: ode