Sepasang Panda Tiongkok Akan Datang ke Indonesia

By Marisa Febrilian, Senin, 25 September 2017 | 11:44 WIB
Cai Tao, panda jantan sedang berada di Cagar Alam Nasional Wolong (Marisa Febrilian)

Sepasang panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca) asal Tiongkok ini sudah siap datang ke Indonesia. Kenalan, yuk!

Cai Tao dan Hu Chun

Sepasang panda raksasa milik Cagar Alam Nasional Wolong  akan datang ke Indonesia. Mereka akan menetap di Taman Safari Indonesia. Sepasang panda raksasa ini diberi nama Cai Tao dan Hu Chun. Cai Tao si panda jantan mempunyai berat sekitar 125 kg, sedangkan Hu Chun beratnya 118 kg. Nantinya, Cai Tao dan Hu Chun akan dipasangkan untuk berkembangbiak agar memiliki keturunan.

Baca Juga: Mengintip Habitat Panda di Tiongkok

Persiapan Panjang

Sepasang panda ini akan dipindahkan ke Indonesia menggunakan kotak khusus, lalu dinaikkan ke dalam pesawat. Lama perjalanan dari Tiongkok ke Indonesia kurang lebih sekitar 5 jam. Sebelum dipindahkan, selama tiga bulan sepasang panda raksasa ini sudah dilatih untuk menghadapi situasi yang mirip seperti berada di dalam kotak khusus itu. O iya, kotak khusus itu berukuran panjang 180 cm, lebar 150 cm, dan tinggi 125 cm.

Saat dipindahkan nanti, sepasang panda ini tidak akan dibius, melainkan kotak khusus itu akan diisi dengan makanan kesukaannya seperti bambu, rebung, wortel, dan cake panda. “Kemungkinan saat perjalanan nanti, panda-panda ini tidak akan stres. Karena sudah terlatih melihat kotak khusus itu sebagai tempat yang penuh makanan”,  jelas drh. Bongot dari Taman Safari Indonesia. Selama perjalanan nanti, sepasang panda ini akan didampingi oleh dokter hewan dan pengasuh.

Wah... jadi tidak sabar! Cai Tao dan Hu Chun diperkirakan akan tiba di Indonesia pada 28 September 2017. Siapa yang mau bertemu Cai Tao dan Hu Chun? Eits, tapi teman-teman harus bersabar, ya! Mereka harus dikarantina dahulu selama 1-2 bulan, setelah itu kita baru bisa melihatnya di Taman Safari Indonesia.