Hewan yang Peduli Terhadap Sesama

By Iveta Rahmalia, Selasa, 26 September 2017 | 07:35 WIB
Lumba-lumba bukan hanya peduli dan sayang terhadap sesamanya, tapi juga kepada spesies lainnya. (Iveta Rahmalia)

Ada yang istimewa dari hewan-hewan ini. Mereka peduli terhadap sesamanya. Seperti apa, ya? Yuk, kita lihat.

Sekawanan Gajah

Teman-teman mungkin sudah tahu, kalau gajah adalah hewan yang pintar. Namun, tahukah kamu kalau gajah juga peduli terhadap sesamanya? Pak Charles Foley dari Wildlife Conservation Society berhasil memotret sekawanan gajah yang sedang berkumpul. Gajah-gajah itu sedang bekabung, karena salah satu anggota kelompoknya telah mati. Tubuh gajah yang sudah tidak bernyawa itu ditutupi oleh dedaunan dan rumput. Sementara, para kawanan gajah lainnya menjaga jasad  gajah selama seminggu. 

Sama seperti manusia, gajah juga mengunjungi makam kawanan gajah lainnya selama bertahun-tahun berikutnya. Seekor anak gajah juga bisa menangis, jika keluarganya mati.

Kasih Sayang Tikus

Tikus? Yap! Hewan yang dikenal jorok ini pun ternyata peduli terhadap sesamanya. Menurut penelitian, tikus akan meringis dan sedih jika temannya sakit. Tikus juga tidak akan membiarkan temannya masuk ke dalam jebakan tikus yang telah dilewatinya. Ini menunjukkan bahwa tikus juga memiliki kasih sayang terhadap kawanannya.

Pertolongan Lumba-lumba

Gajah dan tikus memang istimewa, karena mereka peduli dan sayang terhadap sesamanya. Namun, ada yang lebih istimewa lagi. Dia adalah si lumba-lumba. Mereka bukan hanya peduli dan sayang terhadap sesamanya, tapi juga kepada spesies lainnya.

Para peneliti telah berhasil melatih lumba-lumba untuk menyelamatkan perenang dari ancaman hiu. Kawanan lumba-lumba bahkan bisa membimbing paus yang nyaris terdampar di pinggir pantai untuk kembali ke tengah laut.

Waaah, kita jangan sampai kalah dengan hewan-hewan istimewa ini, ya, teman-teman. Teruslah menolong orang yang sedang kesusahan serta sayangi keluarga dan teman-teman kita.