Misteri Stroberi Putih Rasa Nanas

By Eka Kartika, Rabu, 27 September 2017 | 02:45 WIB
Stroberi putih (pineberry), Foto: Wikipedia (Eka Kartika)

Stroberi ini rasanya unik, lo. Ada rasa nanas di dalamnya! mengapa bisa begitu? Yuk, cari tahu rahasianya!

Tanaman Hibrida

Berbeda dengan buah stroberi biasanya, stoberi ini akan menjadi putih jika sudah matang. Selain itu, pada bagian luar kulit stroberi putih terdapat bintik-bintik merah.

Stroberi putih (Fragaria cholonsis) maupun merah, memiliki daerah asal yang sama, yaitu Amerika. Yang membedakan dari kedua jenis tanaman buah ini adalah stroberi putih merupakan tanaman hibrida, maksudnya tanaman hasil persilangan.

Persilangan  ini berasal dari tanaman nanas jenis ananassa dan buah stroberi jenis fragaria. Biasanya Fragaria cholonsis ditanam saat musim panas tiba.

Walaupun berasal dari Amerika, rupanya yang mengembangkan stroberi putih ini berasal dari Jerman. Sejak tahun 2009, seorang petani Jerman mengembangkan tanaman stroberi putih ini dan mulai menjualnya.

Rasa Nanas dan Stroberi

Karena merupakan hasil persilangan stroberi dan nanas, rasanya pun unik. Ada rasa nanas yang khas di dalam buah stroberi putih ini. Karena itu, stroberi putih juga dikenal sebagai Pineberry, singkatan dari pineapple dan strawberry. O iya, buah ini juga mendapat julukan snow white karena warnanya yang putih dan cantik.