150 Tahun Kereta Api di Indonesia

By Sylvana Toemon, Selasa, 26 September 2017 | 07:30 WIB
150 tahun kereta api di Indonesia (Sylvana Toemon)

Kereta api adalah alat transportasi yang umum digunakan di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Ternyata kendaraan yang berjalan di atas rel ini sudah lebih dari 150 tahun digunakan di Indonesia, lo.

Mengapa Disebut Kereta Api?

Saat ini yang dimaksud dengan kereta api di Indonesia adalah alat transportasi yang bergerak di atas rel. Kereta api mendapatkan namanya karena pada masa awal digunakan di Indonesia yang digunakan adalah jenis kereta api uap. Kereta api ini digerakkan dengan uap air yang dihasilkan dari ketel uap yang dipanaskan. Ketel itu dipanaskan dengan menggunakan bahan bakar kayu, batu bara, atau minyak. Untuk membakarnya tentu saja menggunakan api. Nah, sejak saat itu alat transportasi ini dikenal dengan nama kereta api walaupun tenaga penggeraknya tidak lagi menggunakan api.

Sejarah Panjang Kereta Api di Indonesia

Sejarah kereta api di Indonesia dimulai saat pencangkulan pertama jalur kereta api pada tanggal 17 Juni 1864. Kereta api itu pertama kali digunakan untuk mengangkut penumpang pada tanggal 10 Agustus 1867. Itu terjadi 150 tahun yang lalu. Saat itu negeri kita ini masih dikenal sebagai Hindia Belanda. Jalur kereta api itu dibuat atas perintah Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Sejarah kereta api berlanjut setelah proklamasi negara kita menjadi Republik Indonesia. Puncaknya adalah pengambilalihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung pada tanggal 28 September 1945. Tanggal 28 September kemudian diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia

Baca juga: Sejarah Jalur Kereta Api yang Panjang

Alat Transportasi Massal

Alat transportasi ini tidak terganggu lalu lintas lainnya karena memiliki lintasan sendiri. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang biasanya terdiri dari lokomotif dan rangkaian kereta. Rangkaian kereta ini disebut juga gerbong. Sebuah lokomotif dapat menarik beberapa gerbong. Gerbong-gerbong ini dapat mengangkut penumpang dan barang yang banyak. Banyak negara membangun kereta api untuk lalu lintas warganya. Negara kita juga terus mengembangkan transportasi di atas rel ini.

Apakah kamu pernah naik kereta api? Apakah di kota tempat tinggalmu ada kereta api?