Perbedaan Bintang dan Planet di Langit Malam

By Cirana Merisa, Jumat, 19 Januari 2018 | 07:31 WIB
Cahaya planet terlihat lebih terang daripada bintang. (Cirana Merisa)

Bobo.id - Kalau melihat ke langit pada malam hari yang cerah, teman-teman pasti akan menemukan bintang yang bertaburan indah. Tapi ternyata planet lain juga bisa terlihat dari Bumi, lo. Bagaimana cara membedakannya, ya?

Cahaya yang Memancar

Dilihat dari Bumi, planet dan bintang sama-sama memancarkan cahaya, tapi bintang akan terlihat berkelap-kelip. Kenapa? Karena bintang memancarkan cahayanya sendiri dan cahayanya itu terhalang oleh atmosfer bumi.

Sementara planet tidak memancarkan cahayanya sendiri, planet hanya memantulkan cahaya dari bintang. Maka itu, planet tidak terlihat berkelap-kelip. Cahaya planet juga terlihat lebih terang daripada bintang, lo.

Rasi Bintang

Kalau teman-teman perhatikan, bintang-bintang di langit itu walaupun bertaburan tapi membentuk sebuah pola yang disebut rasi bintang.

Ada 88 rasi bintang yang diakui oleh Persatuan Astronomi Internasional. Nah, kalau ada benda langit yang di luar rasi bintang, itulah planet.

Gunakan Teleskop

Bagi teman-teman yang memiliki teleskop, perbedaan bintang dan planet akan terlihat lebih jelas. Misalnya saja planet Saturnus. Saturnus akan terlihat berbentuk titik seperti bintang yang terang kalau kita lihat tanpa bantuan teleskop.

Namun, kalau dilihat dari teleskop, kita bisa melihat Saturnus lebih jelas, bahkan dengan cincinnya yang indah.

Nah, coba tengok ke langit malam, ada planet atau hanya ada bintang?