Pods, Alat Bantu untuk Membuat Program Komputer Bagi Tunanetra

By Yomi Hanna, Selasa, 26 September 2017 | 08:59 WIB
Anak-anak dapat membuat program komputer menggunakan Pods (Hanna Vivaldi)

Semakin hari teknologi semakin berkembang. Banyak benda-benda canggih yang diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia. Namun sayang sekali, terkadang teknologi tersebut belum bisa dinikmati oleh semua orang. Misalnya saja seperti teman-teman kita yang disabilitas  pada penglihatan. Tidak seperti kita,  mereka sulit mengetahui betapa canggihnya sebuah alat.

Project Torino

Oleh sebab itu, Microsoft menciptakan teknologi bagi teman-teman yang penglihatannya terganggu. Supaya mereka juga bisa merasakan perkembangan teknologi masa kini. Mircrosoft mengembangkan sebuah proyek yang bernama Project Torino. Proyek ini berupa sistem bahasa pemrograman dengan konsep mainan warna-warni yang disebut dengan Pods.

Pods untuk Menciptakan Program Komputer

Pods ini bisa digunakan untuk membuat suara, cerita, puisi, dan lagu-lagu. Di mana, proyek ini sangat bagus untuk memperkenalkan dan mengajari konsep pemrograman bagi anak –anak yang berusia 7 sampai 11 tahun. Mereka diajarkan ilmu komputer dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa mewujudkan program yang telah mereka buat.

Dibutuhkan Kerjasama dalam Membuat Program

Awalnya, media Pods dibuat itu berwarna putih. Namun, setelah itu diganti menjadi warna-warni. Karena penglihatan anak-anak tersebut lebih terbantu saat dihadapkan ke media yang berwarna. Selain itu, Pods ini juga dirancang agar bisa digunakan minimal 2 orang anak. Dibuat seperti ini untuk melatih kerjasama fisik, menyentuh tangan satu sama lain. Karena akan lebih baik jika dilakukan bersama-sama dari pada sendirian.