Mamalia Putih di Kutub Utara

By Cirana Merisa, Rabu, 27 September 2017 | 09:43 WIB
Beruang kutub, mamalia yang jago berenang (Cirana Merisa)

Putih, besar, dan tinggal di tempat dingin, ayo tebak hewan apakah itu? Yup, benar. Itu adalah beruang kutub. Hewan yang memiliki nama latin Ursus maritimus ini merupakan salah satu hewan berjenis mamalia.

Tempat Tinggal

Sesuai dengan namanya, beruang kutub tinggal di daerah kutub. Tapi jangan salah, lo. Beruang kutub hanya tinggal di Kutub Utara, sedangkan Kutub Selatan adalah rumah bagi para penguin. Beruang kutub betina akan tinggal di sepanjang pantai di Kutub Utara, sedangkan beruang kutub jantan tinggal di atas bongkahan es dan terapung di laut, jauh dari pantai.

Berat Badan

Beruang kutub jantan memiliki berat antara 600 hingga 800 kilogram dengan tinggi lebih dari 2,5 meter. Sementara beruang kutub betina memiliki berat antara 200 hingga 300 kilogram dengan tinggi sekitar 2 meter. Tapi ternyata bayi beruang kutub memiliki tubuh yang sangat kecil, lo. Bayi beruang kutub yang baru lahir itu tidak memiliki bulu, tidak bisa melihat, sangat lemah, dan ukurannya hanya sebesar tikus.

Jago Berenang

Walaupun punya badan yang besar, beruang kutub ini ternyata jago berenang. Mereka bisa menyelam ke dalam air yang sangat dingin untuk berburu dan menangkap mangsanya. O iya, makanan mereka adalah ikan dan anjing laut. Seekor anjing laut seberat 55 kilogram dapat menjadi cadangan makanannya sehingga beruang kutub dapat bertahan hidup selama 8 hari.