Kereta Api Luar Biasa Presiden Pertama

By Sylvana Toemon, Kamis, 28 September 2017 | 01:30 WIB
Kereta api luar biasa presiden pertama (Sylvana Toemon)

Kereta api ini memiliki nilai sejarah bagi bangsa kita. Itu sebabnya kereta ini disebut sebagai Kereta Api Luar Biasa. Apa saja yang membuatnya luar biasa?

Kereta Api Presiden dan Wakil Presiden

Kereta api ini digunakan oleh Bapak Soekarno dan Bapak Mohammad Hatta, presiden dan wakil presiden kita yang pertama. Mereka menjadi penumpang ini pada tanggal 3 Januari 1946. Saat itu pemerintah kita terpaksa memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Jogjakarta. Kereta api inilah yang digunakan untuk mengantarkan pimpinan negara kita beserta rombongannya.

Lokomotif Tenaga Uap

Kereta ini dibuat pada tahun 1919 di bengkel Staatspoorwegen yang berada di Belanda. Lokomotifnya menggunakan tenaga uap. Lokomotif berwarna hitam dengan nomor 28 itu dirangkai dengan gerbong penumpang dan gerbong klinik. Gerbong penumpang dicat hijau tua. Gerbong klinik berwarna putih. Gerbong berbahan kayu ini sangat sederhana jika dibandingkan dengan gerbong yang digunakan sekarang. Saat itu kereta api ini termasuk kereta api yang paling mewah. Sebelum kemerdekaan Indonesia, kereta api ini digunakan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Baca juga: Jenis Kereta Api Berdasarkan Tenaga Penggeraknya

Penghuni Museum Transportasi

Kereta api ini sudah lama tidak digunakan lagi. Sekarang kereta ini disimpan di Museum Transportasi yang berada di Taman Mini Indonesia Indah. Pengunjung museum dapat melihat kereta api yang bersejarah bagi bangsa Indonesia itu. Selain melihat-lihat, ada juga juga gerbong yang dapat dimasuki oleh pengunjung.