Tips Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit di Musim Hujan

By Yomi Hanna, Kamis, 28 September 2017 | 08:05 WIB
Jauhkan tablet dari hujan. (Hanna Vivaldi)

Di saat musim hujan, penyakit lebih mudah menyerang kita. Agar tidak mudah sakit di musim hujan, teman-teman perlu menjaga kesehatan, ya. Bagimana caranya?

1. Gunakan Payung atau Jas Hujan

Sedia payung sebelum hujan. Yap, pepatah ini benar sekali. Jika terkena hujan, maka tubuh kita bisa kedinginan yang artinya suhu tubuh kamu sedang menurun. Menurunnya suhu tubuh membuat kita lebih mudah terserang virus atau bakteri.

Oleh sebab itu, saat musim hujan tiba, selalu siap sedialah membawa payung di dalam tas kita. Atau kalau teman-teman repot menggunakan payung, jangan lupa gantikan dengan jas hujan. Jas hujan memang lebih praktis digunakan dibandingkan payung. Risiko terkena basah juga lebih sedikit.

2. Rajin Mencuci Tangan

Cara lain agar kita tidak mudah terserang penyakit adalah rajin mencuci tangan. Kuman dapat dengan mudah berpindah melalui benda-benda yang kita sentuh. Cucilah tangan menggunakan sabun dengan cara yang benar ya.

Baca juga : 7 Langkah Mencuci Tangan yang Benar

3. Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C dapat membantu tubuh kita melawan kuman penyakit. Teman-teman jangan lupa ya untuk mengonsumsi vitamin C yang terdapat dalam buah-buahan. Seperti buah jeruk, jambu biji, papaya, kiwi, mangga, nanas, dan stroberi.