Apakah Kamu Ketergantungan Internet? Ikuti Tes Ini!

By Putri Puspita, Kamis, 28 September 2017 | 08:16 WIB
Apakah kamu ketergantungan internet? (Putri Puspita)

Internet memang dapat mempermudah kehidupan kita. Namun, terlalu sering menggunakan internet bisa membuat kita menjadi ketergantungan internet atau yang biasa disebut adiksi internet. Jika dibiarkan, maka akan menghambat kehidupanlo. Hambatan itu seperti merusak mata, tidak konsentransi belajar, lupa mengerjakan PR, hingga kehilangan teman.

Durasi yang biasanya digunakan sebagai batas penggunaan internet adalah 25 jam dalam satu minggu, atau sekitar 3.5 jam per hari, terutama untuk kebutuhan yang tidak mendukung pendidikan dan pekerjaan. Durasi ini ditetapkan untuk remaja dan orang dewasa. Nah, jika untuk anak-anak, sebaiknya kurang dari 3 jam.

Selain dari durasi waktu, Centre for Internet Addiction Recovery menggunakan delapan pertanyaan di bawah ini untuk mengetahui apakah seseorang termasuk ketergantungan internet atau tidak. Yuk, kita coba kerjakan juga!

Jawablah Ya / Tidak sesuai pernyataan di bawah ini:

  1. Apakah kamu merasa asik atau sibuk sendiri dengan internet (begitu memikirkan kegiatan online yang pernah dilakukan dan akan dilakukan berikutnya)?
  2. Apakah kamu merasa perlu menggunakan Internet dengan jumlah waktu yang terus meningkat untuk mencapai kepuasan?
  3. Apakah kamu pernah berupaya berkali-kali untuk mengurangi waktu penggunaan internet tetapi tidak berhasil?
  4. Apakah kamu merasa gelisah, murung, depresi, atau mudah tersinggung saat mencoba mengurangi atau menghentikan penggunaan Internet?
  5. Apakah kamu merasa on-line lebih lama dari yang seharusnya?
  6. Pernahkah kamu merelakan hubungan dengan orang lain, pekerjaan, pendidikan, atau kesempatan karir karena Internet?
  7. Pernahkah kamu berbohong pada keluarga, guru, terapis, mengenai kegiatan yang kamu lakukan dengan internet?
  8. Apakah kamu menggunakan Internet sebagai cara untuk melarikan diri dari masalah atau menghilangkan perasaan negatif, seperti  perasaan tidak berdaya, rasa bersalah, cemas, dan depresi?

Jika kamu menjawab “YA” pada 5 pertanyaan atau lebih, maka kamu sudah termasuk ketergantungan internet dan sebaiknya mulai mengurangi kegiatan berinternet yang tidak perlu.

Teks dan Foto; Putri Puspita | Bobo.ID