Kereta Api Maglev, Berjalan Tanpa Menyentuh Rel

By Sylvana Toemon, Kamis, 28 September 2017 | 09:15 WIB
Kereta api maglev, berjalan tanpa menyentuh rel (Sylvana Toemon)

Kereta api maglev dapat berjalan tanpa menyentuh relnya. Selain itu, apa lagi keistimewaan kereta api jenis ini, ya?

Menggunakan Daya Magnet

Kereta api daya magnet atau kereta api maglev bergerak dengan menggunakan medan magnet. Badan kereta diangkat dan didorong menggunakan medan magnet pada jalurnya, sehingga tidak bersentuhan dengan rel. Maglev adalah singkatan dari magnetic levitation.

Kereta Api Kecepatan Tinggi

Kereta api maglev termasuk kereta api yang dapat menempuh perjalanan dengan kecepatan tinggi. Kecepatannya dapat mencapai 400 km/jam. Dengan kereta api secepat itu, kita dapat menempuh perjalan dari Jakarta ke Surabaya dengan waktu hanya sekitar 2 jam. Belum banayk negara yang menggunakan teknologi ini. Saat ini, kereta jenis maglev ini digunakan di Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok.

Sistem Kendali yang Aman

Biaya pembangunan dan perawatan kereta maglev sangat mahal. Rel dan struktur lainnya dibuat khusus, tidak seperti rel untuk kereta api biasa. Orang yang ahli di bidang ini pun belum banyak.  Kereta berkecepatan tinggi ini menggunakan sistem kontrol keamanan kereta yang terintegrasi. Artinya semua operasi kereta berada dalam satu sistem kendali. Sistem ini membuat perjalanan dengan kereta ini lebih aman dibandingkan dengan jenis kendaraan lain.

Jika kereta maglev dibangun di Indonesia, menurutmu sebaiknya menghubungkan kota apa saja?