Selain Tidur Selama 4 Tahun, Inilah Fakta Unik Siput Lainnya

By Cirana Merisa, Kamis, 28 September 2017 | 11:32 WIB
Siput bisa tidur selama tiga sampai empat tahun. (Cirana Merisa)

Berjalan lambat dan punya rumah sendiri di tubuhnya, hewan apakah itu? Benar, itu adalah siput. Hewan ini memiliki keunikan lain, lo. Yuk, kita simak infonya.

Tidur Hingga Empat Tahun

Teman–teman biasanya tidur berapa jam? 9 jam atau 10 jam? Siput juga ternyata tidur, lo. Tapi hewan ini bisa tidur selama tiga sampai empat tahun. Tidur dalam waktu yang lama ini disebut hibernasi. Saat hibernasi, siput menyelubungi tubuhnya dengan lendir agar tubuhnya tidak kering.

Keluar pada Malam Hari

Siput biasanya keluar saat malam hari, seperti kelelawar dan burung hantu. Kenapa? Karena siput tidak suka dengan sinar matahari. Nah, kalau teman-teman melihat ada siput di siang hari, berarti saat itu cuaca sedang berawan sehingga sinar matahari tidak memancar langsung ke siput.

Siput Punya Gigi

Siput ternyata punya gigi, lo. Hebatnya lagi, hewan kecil ini mempunyai 14.000 gigi. Wow, banyak sekali ya. Gigi-gigi itu berbaris di lidah siput. Setiap barisnya ada 100 gigi. Siput menggunakan gigi mereka untuk memotong makanan. O iya, setiap jenis siput mempunyai bentuk gigi yang berbeda.