Bolehkah Kantong Plastik Hitam Digunakan untuk Membawa Makanan?

By Sylvana Toemon, Minggu, 1 Oktober 2017 | 01:00 WIB
Bolehkah kantong plastik hitam digunakan untuk membawa makanan? (Sylvana Toemon)

Apakah kantong plastik hitam yang kita kenal juga dengan nama kantong kresek boleh digunakan untuk membawa makanan? Ada yang bilang boleh, ada juga yang bilang tidak boleh. Sebenarnya bagaimana, ya?

Dari Bahan Daur Ulang

Kantong plastik hitam terbuat dari bahan-bahan daur ulang. Bahan-bahannya berasal dari aneka plastik yang pernah digunakan sebelumnya. Mungkin saja bahan-bahan itu sebelumnya adalah kemasan pestisida, limbah rumah tangga, atau kemasan zat kimia. Bahan-bahan ini berbahaya bagi kesehatan jika sampai termakan.

Berbau Menyengat

Pada saat proses daur ulang, bahan-bahan itu tidak semuanya dibersihkan dengan cermat. Bahan-bahan plastik itu dilelehkan kemudian diolah secara khusus supaya dapat dibentuk menjadi kantong. Bahan antara 1 kantong dengan kantong lainnya belum tentu sama. Ada kalanya plastik hitam hasil daur ulang ini berbau menyengat. Aroma itu berasal dari bahan-bahan asal yang didaur ulang. Plastik hitam ini juga ada yang terlihat berbercak-bercak.

Tidak Boleh Digunakan Sebagai Pembungkus Makanan

Makanan yang panas, asam, pedas, dan berminyak akan menimbulkan reaksi kimia sehingga bahan-bahan dari kantong plastik tercampur dengan makanan. Untung keamanan dan kesehatan, kantong plastik hitam tidak boleh digunakan sebagai bahan pembungkus makanan. Kantong plastik hitam biasa digunakan sebagai kantong sampah atau membawa barang-barang yang bukan makanan.