Manfaat Mendengarkan Musik

By Cirana Merisa, Sabtu, 30 September 2017 | 07:25 WIB
Mendengarkan musik dapat mengurangi rasa sakit (Cirana Merisa)

Apakah teman-teman suka mendengarkan musik? Ternyata mendengarkan musik itu memiliki banyak manfaat, lo. Apa saja sih? Yuk, kita simak.

1. Menjadi fokus

Kalau teman-teman besok ada ulangan di sekolah, cobalah belajar sambil mendengarkan musik klasik. Musik ciptaan Bach, Vivaldi, dan Handel bisa membuat otak menjadi lebih fokus dalam belajar. Menurut sebuah penelitian, musik klasik dapat mengubah bagian tertentu di otak sehingga orang bisa menjadi lebih fokus.

2. Meningkatkan mood

Sedang bersedih? Dengarkanlah musik klasik. Menurut sebuah penelitian, musik klasik dapat memberikan rangsangan pada otak sehingga orang bisa bergembira. Musik klasik itu tak cuma musik dalam tempo yang lambat, lo. Tapi ada juga musik klasik dengan alunan yang cepat.

3. Menjadi tenang

Saat sedang marah, apa yang biasanya teman-teman lakukan? Memarahi orang lain? Atau berteriak? Wah, itu tidak baik, lo. Coba dengarkan musik yang lambat supaya kemarahan menjadi reda. Musik dengan tempo yang lambat dapat membuat orang menjadi lebih tenang. Kemarahan pun bisa cepat mencair.

4. Meredakan rasa sakit

Mendengarkan musik mengurangi rasa sakit, lo. Saat sedang merasa pusing atau sakit, cobalah mendengarkan lagu favorit teman-teman. Mendengar suara yang berisik di sekitar, seperti suara orang mengobrol atau suara di televisi bisa membuat rasa sakit meningkat. Tapi jika mendengarkan lagu favorit, tubuh akan rileks dan rasa sakit akan reda.