Membersihkan Noda Minyak pada Piring, Jangan Langsung Pakai Sabun!

By Putri Puspita, Senin, 2 Oktober 2017 | 05:10 WIB
Noda minyak pada piring (Putri Puspita)

Ketika mencuci piring, pasti ada saja noda minyak yang sulit sekali hilang. Bahkan, mencuci piring berminyak langsung dengan sabun tidak akan menghilangkan nodanya dengan sempurna.

Lalu, bagaimana, ya, caranya?

Gunakan Air Panas

Ternyata, kebiasaan mencuci piring dengan air dingin harus diubah sedikit. Jika piring dalam kondisi berminyak, sebaiknya piring dibilas dulu dengan air panas. Tujuannya adalah untuk mengangkat lemak. Jika dengan air dingin, lemak lebih sulit terangkat. Kalau tidak memungkinkan dengan air panas, gunakanlah air dingin yang mengalir. Ingat! Air yang mengalir.

Garam dan Perasan Jeruk Nipis

Setelah menggunakan air, tahap berikutnya adalah memberikan perasan jeruk nipis. Sebelum itu, tambahkan garam pada potongan jerus nipis yang akan diperas. Selain mengangkat lemak, proses ini juga untuk menghilangkan bau. Jika tidak ada jeruk nipis, bisa juga diganti dengan air cuka.

Bahan lain yang juga bermafaat adalah abu arang. Walaupun terlihat sangat kuno, tapi abu arang mengandung zat-zat yang mampu mengangkat lemak secara cepat. Caranya mudah, abu arang dicampur sedikit air, lalu gosokkan pada piring.

Sabun

Nah, setelah dua tahap di atas, baru kemudian gunakan sabun untuk membersihkan kembali piring. Jangan lupa dibilas sampai tak ada lagi busa sabun.

Dijamin, piring akan bersih dari noda dan tidak meninggalkan bau makanan sebelumnya.