Internet, Dulunya untuk Militer

By willa widiana, Senin, 2 Oktober 2017 | 08:05 WIB
Internet, Dulunya untuk Militer (willa widiana)

Internet merupakan salah satu penemuan manusia yang paling berguna dan banyak digunakan. Saat ini, apa-apa menggunakan internet. Kira-kira... kamu tahu tidak internet itu dulunya diciptakan untuk apa?

Keperluan Militer

Pada tahun 1960, jaringan komputer yang bisa menyimpan dan mencari data sudah ditemukan. Lalu, pada tahun 1967, Departemen Pertahanan Amerika Serikat ingin membuat jaringan komputer yang bisa menghubungkan dua komputer di dua tempat berbeda. Proyek pembangunan jaringan komputer itu dinamai ARPANET.

Memisahkan Data

Saat itu, ARPANET dibuat untuk memisahkan data-data penting milik Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Jadi, tidak ada data penting yang tersimpan di satu daerah. Penyimpanan data di satu tempat sangat berisiko, apalagi saat itu masih ada negara yang berperang. Jika sewaktu-waktu ada kelompok yang menyerang, semua data bisa hilang.

Beberapa Universitas

Saat itu, ARPANET bisa menghubungkan 4 universitas, yakni Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah. Hal pertama yang dilakukan dengan APARNET adalah mengirim pesan. Pesan itu berisi satu kata, yakni “login”. Tapi sayang, pengiriman pesan itu tidak berjalan dengan lancar. Pesan itu baru terkirim satu jam kemudian.

Dipisah

APARNET diperkenalkan kepada umum pada Oktober 1972. Setelah diumumkan, banyak universitas yang ingin bergabung ke dalam jaringan komputer itu. Agar lebih mudah, ARPANET pun dibagi menjadi dua, yakni MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET untuk keperluan non-militer, contohnya universitas.

Jaringan komputer itu terus berkembang dan kini berubah menjadi internet. Tak disangka, ya, ternyata internet itu dulunya untuk militer.

Ilustrasi: Ode