Amezaiku, Seni Permen Tradisional dari Jepang

By Eka Kartika, Senin, 2 Oktober 2017 | 08:16 WIB
Permen tradisional amezaiku, Foto: finedininglovers.com (Eka Kartika)

Ada permen unik dan cantik di Jepang, yaitu amezaiku. Permen ini berbentuk berbagai karakter, lo. Ketika mendapatkan permen amezaiku, pasti rasanya sayang untuk dimakan.

Amezaiku, Seni Membuat Permen Tradisional

Amezaiku sebenarnya bukan nama sebuah permen. Sebab yang dimaksud dengan amezaiku ialah seni tradisional pembuatan permen ke dalam berbagai macam bentuk. Baik bentuk hewan, maupun karakter lain dari negeri Sakura, Jepang.

Seni amezaiku ini, sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Sayang, seni membuat serta membentuk permen tradisional ini, sudah mulai langka. Bahkan di negara Jepang sendiri, amezaiku hanya dipraktek-kan segelintir orang saja.

Terbuat dari Sari Pati Ketan dan Gula

Permen atau ada juga yang menyebutnya gulali ini sama seperti permen lainnya, yaitu terbuat dari sirup gula. Bedanya, dalam amezaiku ini ada juga yang menambahkan sari pati ketan dan pewarna organik, agar warna permen yang dihasilkan menjadi semakin cantik.

Dengan beberapa peralatan khusus, seperti gunting kecil, pinset, dan ujung sumpit, para ahli amazeiku membentuk sirup gula dan sari pati ketan yang telah diolah dan direbus. Hasil olahan tersebut akan menjadi transparan dan lentur. Dengan kelenturan itu, pembuat amezaiku dapat membentuknya dengan mudah. Misalnya dengan manarik, mencubit, dan membengkokkan.

Karena gulali atau bahan yang dipergunakan cepat mengeras, maka dibutuhkan kecepatan dan waktu sekitar 3-5 menit untuk menghasilkan bentuk permen amezaiku yang diinginkan.

Berbagai Kisah Menarik dari Ahli Amezaiku

Beberapa ahli pembuat amezaiku, biasanya menjual permen mereka dengan cara unik. Ada yang melakukan trik sulap, bahkan ada juga yang sambil mendongeng dengan menggunakan permen karakter yang telah dibuat.