Canting Elektrik, Sangat Cocok untuk Pembatik Pemula

By Sylvana Toemon, Senin, 2 Oktober 2017 | 10:15 WIB
Canting elektrik (Sylvana Toemon)

Salah satu masalah saat melukis batik dengan menggunakan canting adalah malam (lilin) yang membeku di dalam canting. Akibatnya aliran malam yang keluar melalui cucuk tidak lancar, bahkan berhenti. Nah, alat ini diciptakan khusus untuk mengatasi masalah itu.

Baca juga: Canting, Alat Kecil untuk Melukis Batik

Menggunakan Tenaga Listrik

Canting elektrik menggunakan tenaga listrik. Listrik itu dialirkan dan diubah menjadi panas sehingga nyamplung tetap panas. Tujuannya supaya malam yang ada di dalam nyamplung tidak membeku. Malam yang akan digunakan untuk melukis batik dapat mengalir dengan lancar. Canting elektrik ini ada yang bentuknya seperti canting biasa, ada juga yang sudah dimodifikasi. Bentuknya dibuat menjadi seperti tabung suntik besar, ujungnya seperti pena.

Cocok untuk Pembatik Pemula

Canting elektrik ini sangat cocok untuk pembatik pemula. Cara menggunakannya lebih mudah karena tidak perlu memantau suhu di dalam cantingnya. Pembatik tidak perlu meniup-niup canting seperti yang biasa dilakukan oleh pembatik tradisional. Cucuk atau mata canting pun dapat diganti-ganti sesuai keperluan.

Walaupun cara penggunaannya lebih mudah, membuat batik dengan canting elektrik tetap memerlukan ketelitian dan ketekunan yang sama. Apakah kamu tertarik untuk membuat batik menggunakan canting elektrik?