Yuk, Bermain Boneka Tangan! Permainan Lucu untuk Melatih Otak

By Putri Puspita, Selasa, 3 Oktober 2017 | 04:55 WIB
Serunya bermain boneka tangan (Putri Puspita)

Pernah menonton film Si Unyil? Nah, Unyil dan teman-teman merupakan boneka tangan. Bermain boneka tangan adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain bermain, kita juga bisa melatih otak, lo!

Satu Tangan, Satu Tokoh

Permainan ini disebut boneka tangan karena dimainkan dengan satu tangan. Permainan yang sudah ada di Indonesia sejak lama sekali.

Bentuknya terdiri dari satu kepala dan dua tangan. Pada boneka tangan ini satu tangan kita hanya dapat memainkan satu boneka. Cara memainkannya sangat mudah. Masukkan satu tangan ke dalam boneka, lalu gerakkan jari telunjuk untuk memainkan kepala. Lalu, jari-jari yang lain, bisa digunakan untuk memainkan tangan kiri dan kanan boneka.

Melatih Otak dan Otot

Ternyata bermain boneka tangan banyak sekali manfaatnya. Selain menghibur dan menyenangkan, boneka tangan juga melatih otak dan otot.

Bagian otak yang dilatih adalah bagian kemampuan verbal. Dengan bermain boneka tangan, kita bisa melatih kemampuan berbahasa, membuat kalimat, menjawab, dan berani untuk mengungkapkanya, serta berinteraksi dengan orang lain.

Otot tangan pun menjadi terlatih, bisa sebagai media mengembangkan motorik halus dan kasar. Bukan hanya itu, bermain boneka tangan juga bisa melatih kita menjadi kreatif dan lebih percaya diri.

Boneka tangan juga bisa kita jadikan media pembeajaran. Membuat materi pelajaran masuk ke dalam cerita, lalu dimainkan dengan boneka tangan. Cara ini pun bisa membantu bagian memori pada otak agar bisa menyimpang informasi. Apalagi dilakukan dengan perasaan senang, maka informasi itu bisa tersimpan dengan baik.

Bersama Teman, Guru, atau Keluarga

Bermain boneka tangan bisa dilakukan dengan siapa saja, mulai dari teman, guru, atau keluarga. Kita bisa mengisi waktu-waktu kosong untuk bermain drama singkat dengan boneka tangan.

Selain itu, boneka tangan juga bisa kamu gunakan untuk menghibur teman yang sedang sedih, mengucapkan selamat ulang tahun, atau menyebarkannya melalui media sosial, seperti Youtube.

Harga boneka tangan juga tidak mahal dan bisa diperoleh di swalayan atau toko mainan terdekat. Kamu bisa membawa pulang dengan harga mulai dari Rp10.000 saja, lo!

Teks dan Foto-foto: Putri Puspita | Bobo.ID