Di Gili Ketapang Juga Ada Nemo!

By willa widiana, Selasa, 3 Oktober 2017 | 07:53 WIB
Di Gili Ketapang Juga Ada Nemo! (willa widiana)

Teman-teman pasti sudah tahu dengan Nemo, si Ikan Badut. Ikan berwarna oranye dengan garis putih di tubuhnya ini tak hanya ada di luar negeri. Di Gili Ketapang juga ada nemo, lo!

Pulau Kecil

Gili Ketapang adalah pulau kecil yang ada di Selat Madura. Pulau kecil ini berjarak 8 kilometer, dari Pantai Utara Probolinggo, Jawa Timur. Untuk sampai di pulau ini, kita harus menyeberangi laut selama 30 menit dengan kapal motor. Pulau seluas 68 hektar ini dihuni oleh 7.900 penduduk. Penduduk yang tinggal di pulau ini kebanyakan berasal dari Suku Madura. Jadi, bahasa yang digunakan juga bahasa Madura.

Pemandangan Bawah Laut

Pulau Gili Ketapang memiliki pemandangan bawah laut yang cukup indah. Terumbu karang dan anemon laut hidup dengan tenang di perairan ini. Anemon laut yang ada di tempat ini dijadikan tempat tinggal oleh para nemo berbagai ukuran. Saking banyaknya nemo yang hidup di tempat ini, orang-orang pun menamai tempat ini sebagai Taman Nemo. Taman Nemo ini semakin indah dengan adanya ikan-ikan hias yang lain.

Sedikit Kisah

Ada sedikit kisah yang berhubungan dengan Pulau Gili Ketapang. Konon, Pulau Gili Ketapang itu dulunya bersatu dengan Desa Ketapang yang ada di Probolinggo. Dua kawasan itu hanya dipisahkan oleh sungai. Akan tetapi, gempa dan ledakan Gunung Semeru membuat dua wilayah itu terpisah jauh.

Karena dulu masuk ke dalam Desa Ketapang, pulau yang terpisah itupun dinamai Pulau Gili Ketapang. O iya, dalam bahasa setempat, Gili artinya hanyut. Jadi, Gili Ketapang adalah Ketapang yang hanyut.

Tak disangka, ya! Ternyata... di Gili Ketapang juga ada nemo! O iya, jika kamu penasaran dengan keadaan di sana, kamu bisa lihat video dari KOMPASTV di sini! 

Foto: pixabay.com – carolina mariani