Mengapa Manusia Minum Susu Sapi?

By Iveta Rahmalia, Selasa, 3 Oktober 2017 | 07:45 WIB
Kegiatan di Balik Kandang Sapi Perah (Iveta Rahmalia)

Setiap hewan memproduksi susu khusus untuk anaknya. Artinya, setiap hewan punya kandungan susu yang berbeda-beda. Kucing memproduksi susu untuk anak-anak kucing. Sapi memproduksi susu untuk anak-anak sapi. Namun, ternyata susu sapi banyak diolah menjadi minuman dan makanan untuk manusia. Mengapa manusia boleh minum susu sapi, ya?

Mengandung Kasein

Susu sapi tidak banyak mengandung gula dan banyak mengandung kasein, dibanding susu hewan lainnya. Teman-teman tahu kasein? Kasein temasuk ke dalam golongan protein yang baik untuk manusia. Kasein dapat membuat kita lebih kuat dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Setelah masuk ke dalam tubuh, kasein yang ada dalam susu akan berubah bentuk. Kasein yang tadinya cair berubah menjadi seperti gel dan akan dicerna secara perlahan. Proses pencernaan kasein ini membutuhkan waktu tiga sampai empat jam. Proses ini membuat tubuh mendapat asupan protein lebih lama. Karena itu, tubuh menjadi lebih kuat.

Mudah Diternak  

Sebenarnya, susu domba dan kambing juga mengandung protein yang baik untuk manusia. Namun, manusia lebih memilih sapi untuk diternak karena sapi lebih jinak. Selian itu, seekor kambing hanya bisa menghasilkan susu setengah galon per hari. Sementara seekor sapi bisa menghasilkan 10 galon susu per hari.

Susu sapi juga memiliki rasa yang lebih enak dibanding susu lainnya. Nah, itu dia alasan mengapa manusia boleh minum susu sapi.