Mengapa Alis Tidak Bertambah Panjang seperti Rambut?

By Marisa Febrilian, Selasa, 3 Oktober 2017 | 08:16 WIB
Alis mata berfungsi sebagai atap mata, gunanya untuk melindungi mata (Marisa Febrilian)

Alis adalah rambut halus yang tumbuh di atas mata. Fungsinya untuk melindungi mata kita. Lalu, kenapa alis mata tidak bertambah panjang seperti rambut di kepala?

Tidak Tumbuh

Rupanya, rambut-rambut yang tumbuh pada tubuh kita, seperti di tangan dan kaki, tidak tumbuh terus-menerus, lo. Rambut-rambut itu akan tumbuh sampai panjang tertentu, lalu setelah itu otomatis rontok. Tujuannya, supaya rambut baru tetap tumbuh lagi. Berbeda dengan rambut-rambut pendek di tubuh, rambut di kepala dapat tumbuh selama beberapa tahun. Kalau dibiarkan tumbuh, panjangnya bisa mencapai pinggang kita.

Lain halnya dengan alis, rambut halus di atas mata ini hanya tumbuh selama satu bulan sebelum akhirnya rontok dan berganti dengan alis baru. Karena itu, alis mata tidak dapat tumbuh sepanjang rambut kita. Kalau alis mata tumbuh seperti rambut di kepala kita, mata akan tertutup dan kita pasti akan kesulitan untuk melihat.

Berbeda Nutrisi

Alis mata adalah rambut halus yang mempunyai struktur yang berbeda dengan rambut. Rambut yang tumbuh di kepala mempunyai akar rambut yang berhubungan dengan banyak pembuluh darah di kepala, sehingga mendapat pasokan nutrisi yang cukup. Itu sebabnya, rambut dapat tumbuh terus menerus.

Selain itu, pembuluh darah yang berhubungan dengan alis mata sangat sedikit bila dibandingkan dengan rambut. Akibatnya, pasokan nutrisi lebih sedikit sehingga alis mata tidak dapat tumbuh sepanjang rambut. Alis mata kita akan tumbuh tidak lebih dari 7-11 milimeter saja, setelah itu akan rontok dan berganti dengan rambut halus yang baru.

Meskipun rontok, alis kita tidak akan botak, kok. Kerontokan alis mata tidak begitu terasa, karena rontoknya tidak sekaligus dan akan tumbuh rambut halus yang baru.