Meski Cantik, Bunga Ini Beracun, lo!

By Cirana Merisa, Sabtu, 7 Oktober 2017 | 09:11 WIB
Lily of the Valley mengandung racun glikosida yang tersebar hampir di seluruh bagian tanaman (Cirana Merisa)

Cantik tapi beracun. Hiii, seram. Bunga Lily of the Valley namanya. Bentuknya seperti lonceng. Siapa yang sudah pernah melihatnya?

Asal-usul Lily of the Valley

Lily of the Valley (Convallaria majalis) berasa dari Eropa. Tanaman ini bisa tumbuh di daerah yang cuacanya hangat dengan tanah yang sedikit berlumpur atau berpasir. Bunganya berukuran kecil, berbentuk seperti lonceng, berwarna putih, dan mempunyai wangi yang segar. Bunga ini merupakan bunga yang paling cantik di antara keluarga lily.

Kegunaan dan Manfaat

Bunga Lily of the Valley biasanya digunakan sebagai tanaman hias. Bunga ini juga bisa teman-teman lihat jika sedang pergi ke pesta pernikahan orang dewasa. Bentuknya yang cantik dan warnanya yang putih akan terlihat indah dan menarik.

Tanaman Beracun

Di balik keindahannya, ternyata bunga ini beracun, lo. Lily of the Valley mengandung racun glikosida yang tersebar hampir di seluruh bagian tanaman. Jika tertelan, racun ini dapat menyebabkan rasa gatal pada mulut. O iya, racun pada bunga ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada pencernaan, seperti mual, muntah, diare, dan sakit perut.

Nah, kalau teman-teman menemukan bunga seperti ini di suatu tempat, hati-hati ya, jangan dimakan.