Katak Purba Ini Bisa Makan Dinosaurus!

By willa widiana, Selasa, 3 Oktober 2017 | 10:05 WIB
Beelzebufo ampinga, katak yang bisa makan dinosaurus. (willa widiana)

Katak adalah hewan pemakan serangga dan makhluk kecil, seperti ikan. Tapi, kamu sudah tahu belum kalau katak zaman dulu bisa makan dinosaurus yang masih remaja? Meski masih remaja, dinosaurus tetaplah dinosaurus. Kira-kira, sekuat apakah dia?

B. ampinga

Nama aslinya Beelzebufo ampinga, tetapi para peneliti memanggilnya B. ampinga. Katak seukuran bola pantai ini hidup 70 juta tahun yang lalu. Sekilas, katak ini mirip dengan Ceratophrys (katak bertanduk yang hidup di Amerika Selatan).

Penelitian dengan Alat Khusus

Pak Marc Jones merupakan seorang peneliti dari South Australian Museum. Ia melakukan penelitian untuk mengetahui kekuatan rahang beberapa ekor katak. Penelitian itu dilakukan dengan alat khusus yang didesain mirip mulut katak.

Rahang Kuat

Dari penelitian itu, Pak Marc jadi tahu beberapa hal, seperti:

  1. Katak bertanduk berukuran agak kecil memiliki kekuatan gigitan 3 kilogram. Rahang seperti itu bisa digunakan untuk menahan mangsa yang bergerak-gerak saat dimakan.
  2. Katak bertandung berukuran besar memiliki kekuatan gigitan hingga 50 kilogram. Kekuatan gigitan itu sama dengan kura-kura dan buaya yang masih kecil.
  3. Katak B. ampinga memiliki kekuatan gigitan hingga 224 kilogram. Kekuatan gigitannya hampir sama dengan kura-kura penggigit yang bisa mematahkan jari manusia. Seram!

Dari hasil penelitian itu, Pak Marc menyimpulkan bahwa rahang sekuat itu bisa digunakan untuk memangsa dinosaurus yang masih anak-anak dan remaja.

Kalau misalnya katak ini hidup di zaman sekarang, hewan apa yang akan ia buru? Apakah kamu punya bayangan?

Sumber: nationalgeographic.co.id, Foto: Creative Commons - Nobu Tamura