Cara Merawat Sepatu di Musim Hujan

By Cirana Merisa, Rabu, 4 Oktober 2017 | 03:35 WIB
Saat sampai di rumah, sepatu langsung dilepas dan dilap dengan kertas koran. (Cirana Merisa)

Musim hujan seperti sekarang ini terkadang membuat tidak nyaman. Kalau kita bepergian, sepatu menjadi basah dan kotor, bahkan baju juga bisa basah kalau tidak memakai payung atau jas hujan. Lalu bagaimana cara merawat sepatu yang basah, ya?

Pakai Kertas Koran

Kalau sepatu mau langsung dipakai lagi atau takut belum kering, teman-teman bisa pakai kertas koran. Saat sampai di rumah, sepatu langsung dilepas dan dilap dengan kertas koran. Kalau bagian dalam sepatu basah juga, masukkan gumpalan kertas koran agar air bisa terserap oleh koran. Kalau koran sudah sangat basah, ganti dengan koran kering.

Kalau sudah agak kering dan tidak terasa lembap, sepatu lalu dijemur. O iya, jangan lupa jemur sepatu dalam posisi berdiri, supaya udara bisa masuk. Teman-teman juga bisa mengeringkannya dengan menggunakan kipas angin.

Gunakan Sikat Halus

Kalau teman-teman tidak memakai sepatu itu untuk kegiatan selanjutnya, ada baiknya sepatu itu dicuci supaya bersih. Genangan hujan di jalan bisa membuat sepatu menjadi kotor dan penuh noda. Jangan tunggu sampai noda mengering. Teman-teman harus segera membersihkan noda itu agar tidak menempel pada sepatu.

Cucilah sepatu dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan deterjen cair. Gunakan sikat halus untuk menghilangkan noda kotor. Teman-teman bisa memakai sikat gigi yang sudah tidak dipakai untuk membersihkannya.

Gunakan Sepatu Kering

Jangan gunakan sepatu yang masih basah untuk melakukan kegiatan, apalagi untuk waktu yang lama. Kenapa? Karena air hujan yang bercampur dengan keringat dari kaki akan menimbulkan bau pada kaki. Maka itu, biarkan sepatu benar-benar kering terlebih dahulu atau teman-teman bisa menggunakan sepatu lain untuk beraktivitas.