Tips Agar Smartphone Tidak Basah Karena Air Hujan

By Cirana Merisa, Rabu, 4 Oktober 2017 | 04:25 WIB
Kantong tahan air berfungsi agar smartphone di dalam kantong itu tidak basah. (Cirana Merisa)

Kalau teman-teman berada di luar ruangan saat hujan tiba dan tidak memakai payung atau jas hujan, barang-barang pasti akan basah terkena cipratan air hujan, termasuk smartphone. Lalu bagaimana caranya supaya smartphone tidak basah ya?

Kantong Tahan Air

Kalau pergi ke tempat wisata air, seperti air terjun, pantai, dan kolam renang, pasti teman-teman akan menemukan para pedagang yang berjualan kantong tahan air atau waterproof bag.

Kantong ini biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang dengan tali gantungan. Jadi kantong tahan air ini bisa digantungkan di leher, seperti kalau teman-teman menggunakan name tag gantung. Nah, sesuai namanya, kantong ini berfungsi agar smartphone yang dimasukkan ke kantong itu bisa terhindar dari air.

Plastik Zip-lock

Nah, kalau plastik yang satu ini pasti teman-teman sering melihatnya. Sesuai dengan namanya, plastik zip-lock ini memiliki zip atau seleting berbentuk rel di atas plastik yang berfungsi untuk membuka dan menutup serta mengunci plastik agar benda di dalam plastik tidak mudah jatuh. Biasanya plastik zip-lock digunakan untuk membungkus obat dari apotek.

Plastik zip-lock terbuat dari bahan LDPE (Low Density Polyethylene). Bahan LDPE ini kedap air. Jadi kalau teman-teman memasukkan smartphone ke dalam plastik ini pasti akan terhindar dari air dan tidak akan basah.

Smartphone Kedap Air

Kalau sudah memiliki smartphone kedap air, teman-teman tidak perlu lagi membeli kantong tahan air ataupun plastik zip-lock. Banyak produsen smartphone yang mengeluarkan produk-produk kedap air, di antaranya iPhone, Samsung, Sony, Motorola, LG, HTC, dan lain-lain. Tapi tentu saja, harganya pasti lebih mahal. Hihihi.