Gelato Itu Es Krim atau Bukan, Ya?

By Putri Puspita, Rabu, 4 Oktober 2017 | 05:45 WIB
Berbagai rasa gelato (Putri Puspita)

Gelato menjadi menu favorit para pecinta es krim, mungkin karena aneka rasa dan teksturnya begitu lembut. Gelato adalah bahasa Italia yang artinya es krim. Walaupun berarti es krim, tapi gelato memiliki beberapa perbedaan dengan es krim yang biasa kita konsumsi. Apa saja perbedaanya?

Kandungan Lemak

Salah satu kelebihan gelato adalah lebih rendah lemak dibandingkan dengan es krim biasa. Es krim biasa memiliki kandungan lemak minimal 10%, sedangkan gelato maksimal 10%. Hal ini terjadi karena perbedaan susu yang digunakan. Selain itu, gelato mengandung sedikit sekali kuning telur atau tidak sama sekali, tetapi es krim biasa menggunakan banyak kuning telur.

Tidak Mudah Mencair

Gelato cenderung lebih lama mencair daripada es krim lainnya. Hal ini terjadi karena gelato hanya memiliki 20-30% udara, sedangkan es krim biasa mengandung 50% udara.

Lebih Hangat

Walaupun gelato tidak mudah mencair, tetapi ternyata gelato lebih hangat daripada es krim biasa.  Nah, gelato disajikan dengan temperatur minus 3 derajat celsius, sedangkan es krim biasa, paling nikmat disajikan pada minus 15 derajat celsius.

Tidak Membutuhkan Krim

Hal yang membuat proses pembuatan gelato dan es krim biasa adalah gelato tidak membutuhkan krim. Bahan yang digunakan adalah susu, telur, gula, ekstrak vanilla, dan perasa makanan. Bahan itu nantinya dipanaskan hingga 85 derajat celcius, lalu dipindahkan ke wadah dengan suhu 4 derajat celcius hingga terbentuk gelato.

Lebih Lembut di Lidah Proses pembuatan gelato dengan teknik khusus membuat tekstur gelato menjadi lebih lembut. Pada saat  pembuatannya, gelato dikocok dengan kecepatan yang lebih lambat dari es krim biasa sehingga lebih sedikit udara yang terbentuk. Akhirnya, tekstur gelato menjadi lebih lembut.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID