Benarkah Masuk Ancol Gratis?

By Yomi Hanna, Rabu, 4 Oktober 2017 | 07:21 WIB
Taman Impian Jaya Ancol (Hanna Vivaldi)

Taman Impian Jaya Ancol adalah kawasan wisata yang berada di daerah Jakarta Utara. Di dalamnya, terdapat banyak objek wisata. Beberapa di antaranya adalah Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudera, Atlantis Water Adventure, dan Seaworld Ancol.

Tiket Masuk Ancol

Saat ini, jika teman-teman ingin bermain ke Ancol, maka setiap orang harus membeli tiket seharga Rp 25 ribu. Selain itu, jika datang menggunakan kendaraan pribadi, maka dikenakan biaya parkir juga. Parkir mobil seharga Rp 25 ribu dan sepeda motor sebesar Rp 15 ribu.

Namun, baru-baru ini ada informasi yang beredar, yang mengatakan bahwa masuk Ancol nantinya akan gratis. Kita tidak perlu lagi membayar sebesar Rp 25 ribu. Benarkah?

Enam Bulan Gratis Masuk Ancol

Gubernur DKI Jakarta, Bapak Djarot Saiful Hidayat, ternyata memang meminta pihak pengelola Ancol untuk membuat uji coba gratis masuk Ancol pada tanggal 14 Oktober 2017. Nah, uji coba ini akan berlaku selama 6 bulan.

Mulai dari tanggal 14 Oktober sampai 6 bulan ke depan, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk Ancol. Bagi mereka yang membawa kendaraan pribadi cukup membayar biaya parkir saja. Namun, untuk masuk wahana, seperti Dufan, Seaworld, atau wahana lainnya di dalam Ancol, pengunjung mesti tetap membayar tiket masuk.

Saat uji coba dilakukan, Bapak Djarot meminta pengelola untuk benar-benar melihat dari sisi keamanannya. Jam tutup Ancol pun ditetapkan menjadi pukul 21.00 WIB.

Tujuan Ditetapkannya Tiket Gratis

Gratis masuk Ancol diharap dapat meningkatkan pendapatan bagi pengelola Ancol. Semakin banyak yang datang karena tiket masuk gratis, maka diharapkan kuliner di sana pun semakin laris dan pasar seninya akan berkembang. Meski ditakutkan juga bahwa sampah berserakan akan semakin banyak karena banyaknya pengunjung yang datang. Ya, semoga saja semua pengunjung bisa menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, ya!