Selain Telur Ayam, Berikut 5 Jenis Telur yang Bisa Dikonsumsi Manusia

By Yomi Hanna, Minggu, 8 Oktober 2017 | 08:40 WIB
Jenis-jenis telur yang bisa dimakan manusia (Hanna Vivaldi)

Menyantap olahan telur ayam itu sudah biasa. Tahukah teman-teman ada jenis telur lain yang sebenarnya bisa kita konsumsi? Dan telur-telur tersebut memiliki manfat yang berbeda bagi kesehatan tubuh kita. Selain telur ayam, di bawah ini ada 5 jenis telur lainnya yang bisa kamu makan.

1. Kaviar

Kaviar adalah telur ikan yang sebelumnya sudah diberi garam agar lebih awet. Telur ini kaya akan antioksidan dan mengandung mineral laut. Telur ikan ini memiliki kandungan gizi yang sering dijadikan hidangan dengan harga yang mahal. 2. Telur Puyuh

Mungkin teman-teman juga sudah sering melihat telur yang ukurannya lebih kecil dibandingkan telur ayam. Yap, telur kecil itu adalah telur puyuh. Biasanya warna dasar kulit telur ini berwarna putih dengan bintik cokelat atau hitam yang cukup besar. Telur puyuh sangat bergizi, kaya akan vitamin D dan vitamin B12.

3. Telur Bebek

Cangkang telur ini berwarna hijau muda. Telur bebek mengandung protein, lemak, karbohidrat dan banyak vitamin. Telur ini juga memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang lezat, serta dapat menyerap garam lebih tinggi.

4. Telur Kalkun

Dibandingkan telur ayam, ukuran telur kalkun jauh lebih besar. Telur ini lumayan populer di negara-negara yang terdapat banyak kalkun di sana. Telur kalkun ini mengandung kalsium RDA, yaitu kalsium yang kita butuhkan setiap hari agar tubuh tetap sehat. 5. Telur Angsa

Telur angsa juga lebih besar dari pada telur ayam dan bebek, warna cangkangnya putih bersih. Mungkin telur angsa kurang populer di telinga teman-teman, tapi ternyata manfaatnya cukup banyak. Seperti dapat menambah daya tahan tubuh, sangat baik untuk perkembangan otak, dan dapat mencegah anemia.