Tentara Penjaga Perbatasan RI – Papua Nugini

By Sylvana Toemon, Kamis, 5 Oktober 2017 | 01:00 WIB
Tentara penjaga perbatasan RI - Papua Nugini (Sylvana Toemon)

Tak jauh dari batas negara kita dengan Papua Nugini, ada pos TNI. Setiap orang yang datang atau mau melintas, wajib melapor ke petugas di pos ini.

Tugu Perbatasan

Apakah kamu pernah mendengar lagu dari “Sabang Sampai Merauke”? Lagu itu menceritakan wilayah negara kita yang terbentang dari Sabang di Aceh, sampai Merauke di Papua. Merauke adalah ujung timur negara kita. Tak jauh dari kota itulah terletak garis perbatasan Republik Indonesia dan Papua Nugini. Perbatasan negara kita ini dijaga oleh TNI sepanjang waktu, 24 jam sehari, 7 jam seminggu.

Bertugas Selama 9 Bulan

Tentara yang bertugas di sini berasal dari berbagai daerah lain. Mereka bertugas selama 9 bulan. Para prajurit itu bertugas bergantian menjaga pos perbatasan. Setiap orang yang mau melintas atau mengunjungi perbatasan harus melapor dulu ke pos ini dengan menyertakan dokumen identitas diri. Saat sedang tidak bertugas menjaga pos, mereka membantu masyarakat di sana. Ada yang membantu bercocok tanam, ada juga yang menjadi guru bantu.

Tentara penjaga perbatasan akan menyambut ramah orang-orang yang berniat baik. Namun, jangan coba-coba berniat tidak baik di wilayah ini. Mereka pasti akan menindak tegas orang-orang yang membahayakan kedaulatan negara kita.