Martabak Manis, dari Bangka hingga ke Seluruh Indonesia

By Cirana Merisa, Kamis, 5 Oktober 2017 | 03:35 WIB
Martabak manis merupakan makanan khas Bangka Belitung. (Cirana Merisa)

Mmm, siapa yang belum pernah makan martabak manis? Makanan ini banyak sekali dijual di pinggir jalan ataupun di toko-toko, mulai dari di kota hingga di desa.

Sejarah Martabak Manis

Martabak manis merupakan makanan khas Bangka Belitung. Nama asli martabak manis adalah Hok Lo Pan. Makanan ini diciptakan oleh orang-orang Hakka Bangka. Hok Lo Pan ini sendiri berarti kue orang Hok Lo. Itulah kenapa martabak manis juga sering dikenal dengan sebutan martabak Bangka.

Jenis-jenis Martabak Manis

Sebeneranya martabak manis di semua tempat itu sama. Namun yang membedakan hanyalah topping atau isi dari martabak itu sendiri. Biasanya isi dari martabak manis adalah cokelat yang ditaburi kacang dan wijen, atau bisa juga keju parut ditambah wijen, lalu diberi susu kental manis.

Namun seiring berkembangnya martabak manis, mulailah muncul menu-menu baru, seperti martabak isi stroberi, selai kacang, chocochip, red velvet, green tea, bahkan marshmellow.

Bahan Membuat Martabak

Bahan dasar untuk membuat martabak manis adalah terigu, telur, gula pasir, garam, susu cair, baking soda, dan mentega untuk diolesi di loyang. Teman-teman bisa memasaknya di wajan teflon sebagai loyang. Sedangkan isinya bisa dipilih sendiri, baik itu cokelat, keju, stroberi, atau apapun kesukaan teman-teman.

Cara Membuat Martabak

Pertama, masukkan terigu, telur, gula, garam, dan susu cair ke dalam wadah, lalu aduk hingga merata. Diamkan adonan selama satu jam. Campur baking soda dengan air lalu masukkan ke dalam adonan dan aduk rata.

Setelah itu, tuangkan tiga sendok adonan ke dalam wajan, lalu ratakan sambil diputar wajannya. Taburkan sedikit gula pasir, lalu tutup wajan dengan tutup yang tembus pandang, tunggu sampai tampak berlubang-lubang kecil.

Jika sudah matang, angkat martabak, lalu oleskan mentega di atasnya. Kemudian taburkan isi martabak sesuai selera. Jangan lupa tambahkan susu kental manis. Lalu lipat martabaknya dan siap disantap.