Jalan Unik di Dunia, Mulai dari Paling Bersalju sampai Paling Berbahaya

By willa widiana, Rabu, 4 Oktober 2017 | 11:46 WIB
Jalanan paling kering. (willa widiana)

Setiap negara punya keadaan geografis yang berbeda-beda. Ada yang kering, sejuk, hingga dingin. Keadaan geografis yang berbeda itu bisa memengaruhi keadaan jalan di negara tersebut, lo.

Di artikel ini, Bobo akan membahas beberapa jalan yang unik. Mulai yang paling bersalju sampai yang paling berbahaya. Kita langsung mulai saja, yuk!

Paling Bersalju

Jalan Raya McMurdo berada di Kutub Selatan. Jalan sepanjang 1.601 kilometer ini menjadi jalan paling bersalju di bumi, karena dibangun menggunakan salju yang diratakan. Yap, jalanan ini tidak dibangun menggunakan aspal. Supaya tidak tersesar, di sepanjang jalan ini dipasang bendera yang berfungsi sebagai penunjuk arah. Jalan ini dibangun untuk menghubungkan Stasiun McMurdo dengan Stasiun Kutub Selatan Amundsen-Scott.

Paling Berbahaya

Jalan Yungas Utara dijuluki jalan paling berbahaya karena menurut perkiraan, dalam setahun, ada 200 – 300 pelancong yang mengalami kecelakaan di jalan ini. Di sepanjang jalan ini ada tanda silang. Tanda silang itu merupakan alat untuk memberi tahu pengunjung, bahwa di sana pernah ada kendaraan yang jatuh. Jalan yang terletak di Yungas – Bolivia ini dibangun selama Perang Chaco (sekitar tahun 1930-an) oleh tahanan perang Paraguay.

Paling Panjang

Namanya Jalan Pan Amerika. Jalan sepanjang 48.000 kilometer ini berhasil menghubungkan belasan negara, seperti Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, Ekuador, Peru, Chili, dan Argentina. Jika kamu melewati jalan ini (dari awal hingga akhir), beragam iklim yang ada di benua Amerika bisa kamu rasakan dalam sekali perjalanan. Unik, ya!

Paling Indah

Biasanya, jalan raya hanya dihiasi pohon dan bangunan perkotaan. Tetapi, Jalan Pantai Dalmatian di Kroasia berbeda. Jalanan ini dihiasi pemandangan pantai yang biru di satu sisi. Lalu, sisi lainnya dihiasi oleh kota nelayan yang memiliki bangunan klasik khas Eropa. Saking indahnya, banyak wisatawan yang sengaja menyewa mobil supaya bisa melewati jalan paling indah ini. Semoga suatu hari kita bisa berkunjung ke tempat ini, ya, Teman-teman.

Paling Kering

Jalan Raya Eyre membentang sepanjang 1.660 kilometer. Jalan yang menghubungkan Autralis Barat dan Australia Selatan ini dianggap sebagai jalan paling kering dan membosankan. Bayangkan saja, sepanjang jalan kita hanya melihat daratan kering dan garis pantai sesekali. Di musim panas, debu dan suhu di jalanan ini akan meningkat.

Nah, Teman-teman, itulah 5 jalan paling unik di dunia.

Foto: Creative Commons