Scallop, Kerang yang Bisa Berenang

By willa widiana, Kamis, 5 Oktober 2017 | 04:35 WIB
Scallop, Kerang yang Bisa Berenang (willa widiana)

Dalam cuplikan animasi “Spongebob Squarepants”, Scallop digambarkan sebagai kerang yang bisa berenang kesana-kemari. Kira-kira... hal itu benar atau tidak, ya?

Benar!

Ternyata... hal itu benar, lo! Scallop memang bisa berenang kesana-kemari. Kecepatan berenang scallop memang tidak secepat ikan, tetapi kecepatan berenang mereka cukup untuk menghindari serangan bintang laut, kok! O iya, scallop tidak bisa berenang terus menerus. Jadi, setiap beberapa meter, scallop akan berhenti berenang.

Sebelum berenang, scallop akan menghisap air dan mengeluarkannya dengan cepat. Air yang dikeluarkan itu akan membuat tubuhnya terdorong. Semakin cepat scallop menghisap dan mengeluarkan air, maka kecepatan berenangnya juga akan semakin cepat. Unik, ya, berenang scallop!

Bagaimana dengan Kerang Lain?

Scallop memang bisa berenang. Tetapi, kerang yang lain rata-rata tidak bisa berenang. Untuk berpindah tempat, para kerang harus mengeluarkan organ pipih dari dalam cangkangnya. Nah, organ itulah yang membuat kerang bergerak dan berpindah tempat.

Jika Teman-teman ingin melihat video scallop sedang berenang, klik saja di sini!  Ternyata... apa yang ada di animasi “Spongebob Squarepants” tak semuanya khayalan. Contohnya scallop, ia benar-benar kerang yang bisa berenang.