Selain Berduri, Ini Fakta Unik Landak

By Cirana Merisa, Kamis, 5 Oktober 2017 | 07:53 WIB
Makanan landak adalah daun, buah, tunas, bahkan kulit pohon. (Cirana Merisa)

Ayo, siapa yang tahu nama hewan yang berduri? Yup, landak. Selain tubuhnya yang penuh duri, landak juga punya keunikan lain, lo. Yuk, kita berkenalan lebih dalam dengan landak.

Tempat Tinggal Landak

Landak biasanya tinggal di hutan, padang rumput, dan padang pasir. Tapi terkadang mereka juga mencari makan ke jalan-jalan dekat rumah orang. Hewan ini banyak ditemukan di Afrika, Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Bentuk Tubuh Landak

Landak bertubuh bulat dengan kepala dan telinga yang kecil. Kaki hewan ini kecil dan pendek, tapi ternyata kuat, lo. Di setiap bagian tubuh landak dipenuhi duri, kecuali di bagian perut. Duri terpendek ada di bagian pipi dan duri terpanjang ada di bagian belakang. O iya, landak biasanya berwarna cokelat kekuningan, abu-abu, dan ada juga yang berwarna putih.

Ukuran Tubuh Landak

Ukuran tubuh hewan ini bervariasi. Biasanya landak dewasa berukuran hingga 90 sentimeter, sedangkan landak yang masih anak-anak berukuran 25 sentimeter. Landak di Afrika memiliki berat mencapai 20 kilogram, sementara landak di Amerika Selatan paling berat hanya satu kilogram. Nah, makanan landak adalah daun, buah, tunas, bahkan kulit pohon.

Bayi Landak

Duri bayi landak ternyata tidak tajam saat baru lahir. Satu jam setelah lahir, barulah duri-duri itu akan mengeras. Sehari atau dua hari setelah lahir, bayi landak akan mulai mencari makanannya sendiri, lo. Tapi mereka masih tetap tinggal bersama induknya sampai enam bulan.