Hati-hati! Hal Ini Bisa Menyebabkan Kebakaran

By Iveta Rahmalia, Kamis, 5 Oktober 2017 | 08:05 WIB
Pemadam kebakaran, pantnag pulang sebelum padam (Iveta Rahmalia)

Api memiliki banyak manfaat bagi manusia, contohnya untuk lampu dan memasak. Namun, jika tidak berhati-hati, api bisa menyebabkan kebakaran, lo! Teman-teman perlu berhati-hati, hal ini bisa menyebabkan kebakaran.

Bermain Api Lilin

Saat listirik padam, kita biasanya menggunakan cahaya lilin untuk sementara. Lilin juga berguna untuk mengusir lalat dari meja makan. Namun, lilin juga dapat berbahaya jika diletakkan di dekat benda-benda yang mudah terbakar, sepeti sprei, tisu, kertas, dan sebagainya. Jika terlalu dekat dengan lilin, bisa-bisa benda itu terbakar dan menyebabkan kebakaran. O iya, sebaiknya kita juga tidak dekat-dekat dengan lilin, apalagi mencoba main dengan membakar-bakar kertas kecil. Berbahaya!

Alat Elektronik dan Air

Teman-teman, selalu ingat untuk mencabut charger atau kabel lainnya, ya! Sebab, jika terlalu lama berada dicolokan listrik, kabel bisa panas. Jika terlalu panas, bisa menimbulkan kebakaran. Selain itu, selalu ingatkan ibu atau asisten rumah tangga untuk mencabut listrik setrika, ya, teman-teman. Banyak kebakaran terjadi karena lupa mencabut setrika.

Kompor

Hati-hati, api kompor yang tidak diawasi dapat menyebabkan kebakaran. Jangan lupa juga ingatkan ibu atau orangtua di rumah untuk mengawasi api kompor, ya, teman-teman!

Itulah hal-hal yang dapat menyebabkan kebakaran. Mulai sekaran, kita lebih berhati-hati lagi, yuk!