Inilah yang Perlu Kamu Lakukan Saat Terjadi Kebakaran

By Yomi Hanna, Kamis, 5 Oktober 2017 | 09:11 WIB
Hal yang bisa kita lakukan saat terjadi kebakaran (Hanna Vivaldi)

Saat kebakaran terjadi di rumah, apa yang harus kita perbuat? Yang utama tentunya, jangan panik, ya! Berikut ada 5 hal yang sebaiknya kita lakukan saat mengalami kebakaran.

1. Menutup Wajah

Saat kebakaran terjadi, kamu bisa segera menutup wajah dengan baju atau handuk basah. Ini dilakukan agar asap pekat tidak terhirup hidung. Dengan menutup rongga hidung, ini dapat membantu mencegah asap yang berbahaya tadi masuk ke paru-paru. Sambil menutup wajah atau hidung, kita perlahan-lahan mencari jalan keluar.

2. Berjalan Merangkak

Asap dan uap panas dapat dengan cepat naik memasuki seluruh wilayah ruangan. Oleh sebab itu, kita perlu berjalan merunduk bahkan merangkak di lantai. Ini dilakukan sambil mencoba menyelamatkan diri keluar dari wilayah yang terkena api.

3. Bergulinglah Saat Pakaian Terbakar

Ketika pakaian kamu terkena api, jangan langsung berlari. Kalau bisa, lepaslah pakaian tersebut segera. Namun jika tidak sempat melepaskannya, kamu bisa memadamkannya dengan berguling-guling di lantai.

4. Fokus Menyelamatkan Diri Sendiri

Saat kebakaran terjadi, fokuslah untuk menyelamatkan diri sendiri. Jangan menundanya dengan menyelamatkan hewan kesayangan atau barang berharga lainnya. Ini bisa membahayakan kamu, apalagi kamu harus mencari barang-barang penting itu terlebih dahulu. Sementara kamu mencari, api akan semakin membesar. Sebaiknya segera mencari celah untuk keluar dari ruangan tersebut.

5. Menelepon Pemadam Kebakaran

Jika teman-teman berhasil keluar dari rumah yang terbakar, segeralah mencari bantuan kepada tetangga agar menelepon petugas pemadam kebakaran.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa teman lakukan saat menghadapi kebakaran. Untuk menghindari kebakaran di rumah, teman-teman diharapkan untuk selalu berhati-hati, ya!