Brokoli, Obat Flu Alami

By Cirana Merisa, Minggu, 8 Oktober 2017 | 07:05 WIB
Brokoli mengandung banyak vitamin yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. (Cirana Merisa)

Musim hujan bisa menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah flu. Supaya bisa sembuh, biasanya teman-teman akan minum obat. Nah, kalau teman-teman tidak mau minum obat, makanlah brokoli.

Apa Saja yang Ada di Brokoli?

Brokoli mengandung vitamin K, asam folat, dan antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini juga bisa melawan bakteri atau virus penyebab penyakit termasuk virus flu, lo.

Di dalam brokoli juga ada vitamin C yang lebih banyak daripada buah jeruk. Kalsium yang terkandung pada setengah mangkuk brokoli juga hampir sama dengan kalsium pada segelas susu. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin E, magnesium, karbohidrat, protein, dan omega-3. Sehat sekali, kan.

Manfaat Lain

Vitamin A yang terdapat pada brokoli bermanfaat untuk mempertajam penglihatan mata. Brokoli juga bisa menjaga kesehatan pencernaan dan tulang serta gigi. Nah, brokoli juga bagus untuk otak, nih, teman-teman. Kenapa? Karena brokoli bisa menjaga kesehatan sistem otak dan meningkatkan kecerdasan, lo.

Cara Memasak yang Baik

Brokoli sebenarnya lebih sehat kalau dimasak dengan cara dikukus. Dengan begitu, semua vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang selama proses masak. Kalau mau direbus, sebaiknya direbus selama lima menit saja agar tetap bisa menyehatkan tubuh.

Nah, itulah kehebatan brokoli. Yuk, mulai sekarang banyak makan brokoli supaya tambah sehat.