Blobfish, Hewan Paling Buruk Rupa!

By willa widiana, Sabtu, 7 Oktober 2017 | 07:35 WIB
Blobfish, hewan paling buruk rupa di dunia. (willa widiana)

Jika kamu mendengar julukan “Hewan Paling Bagus” atau “Hewan Paling Cantik”, mungkin hal itu sudah biasa. Tapi… apakah kamu pernah mendengar julukan “Hewan Paling Buruk Rupa”?

Beberapa waktu lalu, Asosiasi Sains Inggris memberi julukan hewan paling buruk rupa kepada beberapa hewan. Pemberian julukan itu tidak dilakukan dengan sembarangan, tetapi dilakukan dengan pengambilan suara dari 3.000 orang partisipan.

Berdasarkan hasil pengambilan suara itu, didapatkanlah tiga hewan yang menduduki peringkat tertinggi, yakni Blobfish di posisi pertama, kakapo di posisi kedua, dan axolotl di posisi ketiga. Karena menempati posisi pertama, maka blobfish dijadikan sebagai maskot Ugly Animal Preservation Society yang berpusat di Inggris.

Pemberian julukan itu bukan untuk menjadi bahan olok-olok, tetapi bertujuan untuk memberitahu masyarakat bahwa hewan buruk rupa juga perlu diperhatikan. Kenapa hewan buruk rupa harus diperhatikan? Jawabannya, hewan buruk rupa juga ikut membantu melestarikan dan menjaga ekosistem di Bumi. Jadi, mereka melakukan tugas yang sama penting dengan hewan-hewan lainnya.

Biasanya, kita hanya memerhatikan hewan yang indah di pandang mata.  Hewan yang jelek selalu kita abaikan. Padahal, keadaan hewan yang kurang indah seperti blobfish juga harus kita perhatikan.

Nah, Teman-teman, mulai sekarang kita tumbuhkan sikap peduli terhadap hewan, yuk! Termasuk peduli terhadap hewan paling buruk rupa.

Foto: Creative Commons