Badak, Kendaraan Tempur Buatan Indonesia

By Sylvana Toemon, Kamis, 5 Oktober 2017 | 10:30 WIB
Kendaraan tempur Badak (Sylvana Toemon)

Badak yang ini bukanlah hewan bercula yang sudah langka itu. Badak adalah nama yang diberikan kepada kendaraan tempur buatan Indonesia ini.

Buatan PT Pindad

Badak adalah salah satu kendaraan tempur yang dibuat oleh PT Pindad. Perusahaan milik pemerintah ini khusus membuat alat utama sistem pertahanan (alutsista). PT Pindad mendapat pesanan 50 kendaraan tempur Badak untuk melengkapi pertahanan nasional kita. Ada juga pihak militer dari luar negeri yang berminat untuk membeli kendaraan tempur Badak.

Panser Beroda Besar

Badak adalah panser yang memiliki roda besar. Roda ini membuat Badak dapat bergerak mencapai daerah yang sulit dijangkau. Panser ini dilengkapi dengan meriam di bagian atasnya. Kendaraan yang terlihat gagah ini tingginya hampir 3 meter, panjangnya 6 meter. Kira-kira sebesar kamar tidur ukuran sedang. Hampir semua bahan baku pembuatan kendaraan tempur ini berasal dari dalam negeri.

Badak kerap kali dipamerkan dalam berbagai acara. Kehadiran kendaraan tempur ini tentu saja menarik perhatian banyak orang. Banyak yang berswafoto di kendaraan ini.