Sering Bangun Kesiangan? Ternyata Ini Penyebabnya

By Cirana Merisa, Sabtu, 7 Oktober 2017 | 06:46 WIB
Kamar yang berantakan akan mempengaruhi pola tidur. (Cirana Merisa)

Ayo, siapa yang sering bangun kesiangan? Hihihi. Itu tidak baik, lo, teman-teman. Tapi kira-kira kenapa, ya, bisa bangun kesiangan?

Tidur Lama Saat Liburan

Di hari Sabtu atau Minggu atau saat liburan, terkadang teman-teman bangun lebih siang, kan. Tapi ketika hari Senin harus berangkat sekolah, teman-teman malah keasyikan tidur dan malas bangun pagi karena masih terbawa suasana libur. Ini terjadi karena siklus tidur terganggu.

Makan Sebelum Tidur

Makan makanan berat maupun ringan saat malam hari akan membuat tubuh lelah. Tubuh mencerna makanan pada pukul 12 siang sampai 8 malam. Setelah itu, tubuh lebih banyak menyerap zat bagi tubuh. Maka itu, makan di malam hari akan membuat tubuh kelelahan untuk mencerna makanan dan akibatnya bisa bangun kesiangan.

Kamar Berantakan

Kamar yang berantakan, kotor, dan banyak debu secara psikologis juga akan mempengaruhi pola tidur, lo. Hal ini membuat tidur menjadi tidak nyaman dan tidak nyenyak, sehingga saat pagi datang, tubuh ingin istirahat lebih lama.

Tidur Lagi Setelah Bangun

Nah, pernahkah teman-teman tidur lagi setelah dibangunkan oleh alarm atau orangtua? Ternyata hal itu juga bisa membuat kesiangan bangun, lo. Di saat teman-teman tidur sebentar lagi setelah bangun, tubuh akan menjadi lemas dan tidak bersemangat, sehingga membuat teman-teman menjadi malas bangun.

Kegiatan Sebelum Tidur

Kalau teman-teman sering menonton televisi atau bermain handphone sebelum tidur, teman-teman akan bangun kesiangan di pagi hari. Kenapa? Karena cahaya dari televisi ataupun dari gadget  membuat mata menjadi lelah tetapi tidak cepat mengantuk. Akibatnya, teman-teman akan kurang tidur dan bangun kesiangan.