Semut Cadangan dalam Kelompok

By Cirana Merisa, Jumat, 6 Oktober 2017 | 03:45 WIB
40% semut pekerja itu merupakan semut cadangan. (Cirana Merisa)

Apakah teman-teman suka memperhatikan semut? Hewan kecil ini hidup secara berkelompok dan punya tugas masing-masing di dalam kelompoknya. Tak hanya pemain sepak bola, semut juga punya semut cadangan dalam kelompoknya, lo!

Kelompok Semut

Di dalam kelompok, semut terbagi lagi menjadi beberapa kelompok kecil, yaitu semut pekerja, semut penjaga, semut pejantan, dan ratu semut. Di kelompok kecil itulah, semut selalu bekerja sama dengan semua anggota kelompoknya untuk mencari makan ataupun melindungi sarang mereka.

Semut Cadangan

Ternyata di dalam kelompok semut, 40% semut pekerja itu merupakan semut cadangan. Itu apa sih? Jadi, semut-semut yang biasa teman-teman lihat membawa makanan itu disebut semut pekerja. Nah, tapi tidak semua semut pekerja itu bekerja. Ada yang disebut sebagai semut cadangan. Mereka ini biasanya hanyak diam di sarang. Kalaupun beraktivitas, hanya bekerja di dekat sarang.

Menggantikan Peran Semut Aktif

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa semut cadangan ini bisa menggantikan peran semut pekerja. Tim peneliti melakukan eksperimen yaitu mengeluarkan semut pekerja dari kelompoknya. Ternyata setelah semut pekerja tidak bisa bekerja, semut cadangan inilah yang menggantikan perannya untuk mencari makan. Maka itu, kelompok semut tidak akan kekurangan makan.

Ternyata tidak cuma pemain sepak bola saja yang ada cadangannya, ya. Semut juga ternyata punya cadangan. Hi..hi..hi..