Inilah Sejarah Google, dari Garasi hingga Mendunia

By Cirana Merisa, Jumat, 6 Oktober 2017 | 05:01 WIB
Investor salah mengeja nama Googol menjadi Google. (Cirana Merisa)

Siapa yang tidak tahu Google? Pasti semua tahu, kan. Teman-teman bisa menemukan informasi apa saja di Google. Tapi apakah teman-teman tahu asal mula Google?

Siapa Pendiri Google?

Google diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. Mereka adalah mahasiswa S2 di Stanford University, California. Mereka berdua mempunyai mimpi untuk menciptakan mesin pencari di internet dan mengumpulkan informasi dari seluruh dunia sehingga bisa diakses dan bermanfaat bagi semua orang.

Nama Google

Awalnya Larry Page dan Sergey Brin menciptakan mesin pencari itu dengan nama BackRub. Pada tahun 1997, nama BackRub diganti menjadi Googol. Googol itu sendiri adalah istilah matematika untuk angka satu yang terdapat 100 angka nol di belakangnya. Dari nama ini, Page dan Brin ingin menjelaskan bahwa misi mereka adalah sebagai gudang informasi yang tak terbatas.

Namun, saat nama itu diserahkan, ternyata investor salah mengeja nama Googol dan sudah telanjur menuliskannya menjadi Google. Akhirnya mereka menggunakan nama Google untuk mesin pencari ciptaan mereka. Hihihi, ada-ada saja ya.

Awal Mula

Larry Page dan Sergey Brin menjadikan Google sebagai perusahaan resmi pada 4 September 1998. O iya, kantor pertamanya terletak di sebuah garasi milik karyawan pertamanya, Susan Wojcicki, yang sekarang menjadi CEO Youtube. Google pun mengalami perkembangan yang cukup cepat sehingga pada tahun 1999 kantornya pindah ke Palo Alto, California.

Google Sekarang

Dari tahun 1999 itu, Google berkembang sangat cepat dan menerima banyak uang dari usahanya. Sekarang, Google tak hanya sebagai mesin pencari saja, tetapi juga sudah mengeluarkan produk-produk hasil kerja sama dengan perusahaan lain, seperti Youtube, Android, Google Maps, Google Earth, Gmail, Google Drive, Google Chrome, dan lain-lain.