‘Spongebob’ Hidup di Laut Indonesia

By willa widiana, Jumat, 6 Oktober 2017 | 09:45 WIB
Spons Laut, hewan yang menginspirasi pembuatan tokoh Spongebob (willa widiana)

Teman-teman pasti tahu Spongebob, kan? Itu, lo, tokoh animasi spons yang selalu ceria. Ternyata, hewan yang menginspirasi tokoh Spongebob itu hidup di laut Indonesia, lo!

Spons Laut

Tokoh animasi Spongebob terinspirasi dari spons laut. Hewan ini sudah ada di Bumi sejak 640 juta tahun lalu. Spons laut biasanya hidup dengan para terumbu karang. Jadi, jika kita ingin menemui Spongebob secara langsung, kita harus menyelam di laut yang mempunyai ekosistem terumbu karang.

Bagaimana Cara Bertemu ‘Spongebob’ di Indonesia?

Caranya cukup mudah. Kita tinggal pergi ke beberapa objek wisata yang mempunyai tempat menyelam, seperti Bunaken, Raja Ampat, Karimun Jawa, Mentawai, dan Bali. Selain tempat itu, ada satu tempat lain yang bisa kamu kunjungi. Tempat itu adalah Pulau Alor. Menurut scubatravel.co.uk, tempat yang ada di selatan Indonesia ini masuk ke dalam 100 best dive site in the world, lo. Wah... kita sebagai orang Indonesia harus bangga, nih!

Kenapa Harus di Tempat Itu?

Tempat menyelam itu memiliki ekosistem kerang yang cukup bagus dan dihuni oleh ‘Spongebob’ tentunya. Selain dihuni oleh ‘Spongebob’, tempat menyelam itu juga dihuni oleh teman ‘Spongebob’, seperti Patrick (bintang laut), Mr. Krab (kepiting), Mrs. Puff (ikan buntal), hingga hiu karang. Jadi, saat menyelam kita akan bertemu ‘Spongebob’ dan teman-temannya, persis seperti yang ada dalam animasi.

Sekilas Tentang Terumbu Karang

O iya, Teman-teman, terumbu karang itu sangat penting keberadaannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), terumbu karang berfungsi sebagai tempat penyedia makanan, tempat perkembangbiakan, dan tempat berlindung bagi beberapa hewan. Karena alasan itu, kitapun harus menjaga keberadaannya!

Nah, Teman-teman, mulai dari sekarang, ayo kita jaga habitat ‘Spongebob’ dan teman-temannya di Indonesia. Jadi, jika kita bisa bertemu dengan ‘Spongebob’ kapanpun kita mau.

Foto: Creative Commons