Cara Meramu Laksa Bogor yang Menarik

By Aan Madrus, Minggu, 8 Oktober 2017 | 06:16 WIB
Laksa Bogor (Aan Madrus)

Salah satu kuliner tradisional yang harus dicoba kalau lagi jalan-jalan ke Bogor ialah laksa. Laksa adalah makanan berkuah santan, berwarna kuning. Bahan utamanya yaitu ketupat, toge, potongan oncom, daun kemangi, dan bihun.

Semua bahan ditaruh di dalam sebuah mangkuk. Kemudian bahan-bahan itu disiram dengan kuah yang mengepul. Kuahnya kental dan sangat berbumbu. Katanya, selain bumbu dan santan, kuah itu diberi parutan kelapa.

Uniknya, kuah yang sudah disiramkan ke mangkuk itu,  dituang kembali ke dalam panci. Lalu diberi kuah lagi. Lalu kuahnya dituang lagi ke dalam panci. Hal itu dilakukan 2 kali. Hmm ... menarik sekali. Ternyata maksudnya untuk mematangkan dan melayukan bahan-bahan itu. 

Setelah layu dan matang, bahan-bahan itu kembali disiramkan kuah. Kali ini kuahnya berisi telur dan tahu rebus.  Nah, laksa siap disantap. Bila suka rasa pedas, tambahkan sambal. Laksa enak juga dimakan dengan kerupuk.

Di Bogor kita bisa menemukan banyak tukang laksa. Ada yag dijajakan secara berkeliling dengan pikulan atau gerobak dorong. Ada juga yang mangkal di suatu tempat.