Fakta Menarik dari Kaki Angsa Batu Berkaki Biru

By Aan Madrus, Senin, 9 Oktober 2017 | 03:40 WIB
warna biru pada kaki burung ini terlihat mencolok.C (Aan Madrus)

Angsa batu berkaki biru atau blue footed booby adalah burung laut asli daerah subtropis dan tropis dari Samudra Pasifik. Burung yang bernama latin Sula nebouxii ini mudah dikenali karena kakinya yang berwarna biru mencolok.

Ada beberapa fakta menarik dari kaki birunya si blue footed booby ini!

- Warna biru pada kaki hewan ini berasal dari pigmen karotenoid yang diperoleh dari makanannya berupa ikan segar. Karotenoid berfungsi sebagai antioksidan dan perangsang fungsi kekebalan tubuh.

- Tingkat kecerahan warna biru pada kaki burung ini menjadi indikator keadaan kesehatan burung. Dalam sebuah percobaan, beberapa ekor burung angsa batu berkaki biru dikurangi makanannya selama 48 jam, ternyata kecerahan warna biru pada kaki mereka makin menurun.

- Tingkat kecerahan warna biru pada kaki burung ini juga makin menurun dengan bertambahnya usia burung. Artinya, semakin tua burung itu, warna birunya makin pudar.

- Untuk menarik perhatian burung betina, burung jantan akan menari dengan gerakan menaik-turunkan kakinya di depan burung betina. Dengan cara itu burung jantan memamerkan warna kaki kepada burung betina. 

- Sayangnya, burung betina lebih tertarik pada burung jantan yang warnanya masih cerah. Burung seperti ini, selain masih muda juga sehat. Sehingga akan menghasilkan telur burung yang berisi kuning telur yang besar dan androgen yang banyak. Dari telur seperti ini akan menetas anak burung yang berkualitas.

Alasan lain burung betina memilih burung jantan yang memiliki kaki berwarna cerah adalah burung ini bisa merawat anak  lebih telaten dibandingkan burung yang warna kakinya sudah memudar. Perlu diketahui, anak burung ini makan dari muntahan orang tuanya.