Foula, Pulau yang Dihuni Kuda Poni Mini

By Cirana Merisa, Senin, 9 Oktober 2017 | 04:16 WIB
Kuda poni berukuran mini ini terkenal dengan otaknya yang cerdas. (Cirana Merisa)

Teman-teman sudah menonton My Little Pony di bioskop? Sesuai dengan judulnya, tokoh utama dalam film itu adalah kuda poni. Mau lihat kuda poni yang asli? Datanglah ke Pulau Foula.

Pulau Foula

Di Skotlandia ada sebuah pulau yang dihuni banyak kuda poni. Namanya Pulau Foula. Kuda di pulau ini berjumlah 1.500 ekor. Wow, banyak sekali, ya. Sudah sejak lama Pulau Foula ini dijadikan sebagai tempat pengembangbiakan kuda poni mini. Tapi manusia di sana hanya ada 30 orang, lo. Hihihi. Ternyata kuda poni di sana lebih banyak daripada manusia.

Shetland Ponies

Pulau ini merupakan tempat asal Shetland Ponies. Kuda poni jenis ini mempunyai surai yang panjang dan berkaki pendek. Tapi jangan salah, kuda poni berukuran mini ini terkenal dengan otaknya yang cerdas, lo. Karena kepintarannya inilah, Shetland Ponies sering dilatih sebagai kuda pembimbing, sama seperti anjing yang bisa membimbing orang yang tidak bisa melihat.

Ternak Domba

Selain kuda poni, di pulau ini juga banyak ditemukan domba. Warga Pulau Foula semuanya memiliki beberapa ternak, biasanya adalah domba. Domba-domba ini akan diangkut ke pasar menggunakan perahu untuk kemudian dijual bulu dan dagingnya.