Naik Bus Wisata Tingkat di Semarang

By Cirana Merisa, Senin, 9 Oktober 2017 | 06:06 WIB
Museum Mandala Bhakti Museum merupakan titik awal keberangkatan bus wisata ini. (Cirana Merisa)

Siapa yang sudah pernah naik bus wisata tingkat di Jakarta? Rasanya asyik dan menyenangkan, ya. Kali ini bus tingkat hadir di Semarang. Nah, teman-teman yang di Semarang sudah mencobanya belum?

Bus Wisata Tingkat

Bus ini berwarna merah dengan foto tempat wisata di Semarang. Bagian dalanya juga dipenuhi dengan ilustrasi ikon Kota Semarang, seperti Tugu Muda, maskot Warak Ngendhog, dan lain-lain. O iya, bus ini bisa mengangkut 70 penumpang, lo. Bus ini memiliki banyak fasilitas, di antaranya ada wifi dengan koneksi yang cepat, tempat duduk untuk penyandang disabilitas, enam CCTV, dan perlengkapan keamanan lain.

Kapan Bisa Naik Bus Ini?

Bus wisata tingkat ini beroperasi dari hari Selasa sampai Minggu. Hari Selasa sampai Kamis, bus akan jalan sebanyak tiga kali yaitu pada pukul 08.00, pukul 11.15, dan pukul 15.00. Sedangkan hari Jumat sampai Minggu, bus ini akan jalan sebanyak empat kali yaitu pada pukul 08.00, pukul 11.15, pukul 15.00, dan pukul 19.00. Sekali jalan, teman-teman akan menikmati perjalanan wisata sekitar 2 jam 15 menit, lo.

Bagaimana Caranya?

Teman-teman bisa menunggu bus ini di Museum Mandala Bhakti yang terletak di seberang Tugu Muda. Museum ini merupakan titik awal keberangkatan bus wisata ini. Karena tiket bus ini gratis, jadi banyak orang yang juga ingin mencoba bus ini. Nah, teman-teman harus bersabar untuk mengantre selama sekitar satu jam sebelum keberangkatan.

Tiket bus ini tidak berbentuk kartu dengan nomor penumpang serta warna yang berbeda. Warna merah untuk pagi hari, biru untuk siang hari, kuning untuk sore hari, dan hijau untuk keberangkatan malam hari. Tiket ini didapatkan dengan cara menukarkan KTP kepada petugas yang bisa diambil lagi setelah perjalanan berakhir. Maka itu, teman-teman harus pergi dengan orangtua atau kakak yang sudah punya KTP.

Rute Bus

Dari titik keberangkatan yaitu Museum Mandala Bhakti, bus akan berangkat melewati Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang, lalu masuk ke daerah Kota Lama Semarang dan berhenti di Taman Srigunting. Di taman ini, teman-teman turun dari bus dan diberi waktu selama 15 menit untuk berjalan-jalan ke tempat-tempat wisata yang ada di sana.

Dari Kota Lama, bus berangkat melewati Lawang Sewu, pusat oleh-oleh khas Semarang, dan memutari Simpang Lima menuju Kampung Pelangi. Di Kampung Pelangi, teman-teman bisa turun lagi dan menikmati keunikan tempat wisata itu selama 15 menit. Setelah itu, bus berjalan melewati Sam Poo Kong, lalu memutari Bundaran Kalibenteng, Tugu Muda, dan kembali lagi ke Museum Mandala Bhakti.

Wah, naik bus tingkat ini rasanya pasti tak kalah seru dengan bus tingkat di Jakarta. Teman-teman harus mencobanya juga, ya.